Sabtu, 23 Juni 2018

Sunrise Tour Jeep at Mui Ne - Vietnam

Assalamu’alaikum, Hallo hallo! kalau kalian lagi baca halaman ini, itu artinya masih dikasih umur dan rejeki luang untuk membaca, kuy bersyukur bareng, sebelum masuk bahasan tentang eksotisnya destinasi wisata yang ada di ..

Mui Ne - Vietnam

Perjalanan ASEAN kali ini harus diakui kayanya akulah yang paling less preparation dan ogah ogahan cari info tempat tujuan, bahkan setiap bahas jadwal jalan aku cuma manut aja ngikut, tapi pas bahas Mui Ne dan diliatin lokasinya, inilah kota yang paling bikin penasaran tanpa berekspektasi terlalu tinggi (tujuannya; biar lebih surprise aja, hehe. random ya.) dan itu berbuah sangat manis …

expect less, gratitude more adalah pesan ibu yang aku ringkas dari sekian banyak wejangan sebelum jalan

Masih ditemani 4 member yang sama, Perjalanan selama kurang lebih lima jam dari Ho Chi Minh dengan udara super panas menyambut kita, ditambah bumbu penyedap yaitu nyasar, ga ilang arah si cuman kita sempet kelebihan berhenti, alhasil naik taxi sampai ke penginapan. Tapi disetiap nyasar, ada hal seru seperti ..

ketemu sopir taxi yang super ramah, dengan paras muka yang kayanya diciptakan ga pernah cemberut, senyuuum terus! beneran deh. so happy to met this humble local guy, Mr.. (damn, i forgot your name) even we’re talk in the kingkong bahasa, haha!

Sekejap Mantai

photo by : Adit

Habis istirahat bentar di penginapan (<klik untuk tau lokasi  ), yang aku rasain sebetulnya lapar. Beruntung udara udah ga gitu panas menyengat karena hari udah sore, saatnya cari makan sambil jalan santai menikmati Mui Ne!

trip disini bukan ngota ya, ini kawasan liburan pantai, jadi yang keliatan hanya hotel, tempat makan, agen wisata dan warung warung kebutuhan hidup. Suasananya tentu ga seramai Ho Chi Minh, dan atmosfirnya seolah nyuruh kita berlima untuk mantai, atau makan dulu baru mantai, atau..

makan sambil ngeliat pantai, syahdu~

photo by : Adit

Menikmati landscape sambil dengerin suara alam sepertinya jadi playlist indah untuk segala usia, sampai nanti punya anak cucupun (aamiin) akan candu untuk sesekali memejamkan mata agar lebih fokus mendengar lantunan ombak yang menabrak karang lalu jatuh menimpa pasir

Pantai di Sekitar Resort

SUNRISE TOUR!

Mengejar matahari terbit, adalah kebiasaan tiap jalan. Tapi karena waktunya mepet sama waktu Ibadah Subuh, kita tetep dapet pemandangan sunrise di perjalanan, yes!!

menuju kemana kitaaa?

Trip yang dimulai dari pagi buta ini bisa dipesan lewat agen lokal dan ambil paket bernama Sunrise Tour. Agennya bisa ditemui disekitar resort/hotel tempat nginep. Oke, mari mulai ceritanya ..

Aku lupa berapa lama didalam jeep, kayanya sih lebih dari setengah jam. Dari yang ga keliatan apa apa, sampai makin terang dan makin terlihat kalau kita lagi ada di jalan yang super lebar dengan pemandangan kanan kiri yang, waw!!

photo by : Moga

kayanya lokasi semacam gini pernah aku liat di satu film yang sampai sekarang masih belum inget judulnya

dan sampailah di lokasi pertama Sunrise tour …

White Sand Dunes

Kayanya pupil mataku membesar deh pas sampai sini, saking gabisa komen  karena terpukau sama apa yang dilihat, bener bener jauh diatas ekspektasi, indah!

bird eye level by : Adit

sekali lagi, turunkan ekspektasi ketika ingin ke suatu tempat, anggap apa yang dilihat di google semua adalah editan anak dkv, lalu niatkan untuk melihat Mahakarya Yang Tuhan buat, selamat memotret lewat mata dan beragam perangkat buatan manusia~

*note : Siapkan budget untuk ongkos naik Jeep yang ga include dengan travel agent. (sekitar USD 14/orang)

ini jeep yang bawa kita kebut kebutan diatas pasir, seru banget bang!

Dengan ongkos jeep segitu, kita bakal dapetin keseruan sensasi kebut kebutan kaya naik wahana extreem selama satu menit, puas banget deh buat yang mau teriak lepassss!! (kayanya ga rekomen kalau kalian lagi hamil, atau mungkin bisa request untuk ga ngebut tapi kurang tau sih) yang jelas, view disini bikin betah berlama lama, mulai dari nunggu matahari terbit, mendokumentasikan landscape atau sekedar menikmati waktu hening

Sesi foto yang terkadang dramatis

Bautrang

Masih dikawasan yang sama, tourguide akan mengarahkan kita ke sebuah danau cantik yang ..

pernah ga sih, ngebayangin ke suatu tempat indah sama orang yang paling gabisa kamu tinggal sampai rambutmu memutih kelak.. bawaannya pengen nyatet bucket list dari sekarang

Red Sand Dunes

Areanya mirip sama White Sand Dunes hanya yang ini warna pasirnya lebih merah

Walau hari semakin panas, ternyata ini bukan destinasi terakhir bersama tourguide jeep kita yang aku gatau siapa namanya

photo by : Moga

Sekitar 20 menit (atau kayanya kurang) untuk explore sama luasnya padang pasir merah, alhasil, dapet foto berlima sambil para lelaki cuci mata karena minta tolong fotoin plus modusin mbak2 sipit yang kayanya lagi solotrip, baik.

Fishing Village Mui Ne Harbor

Sekilas terlihat seperti tempat para pencari ikan pada umumnya, bedanya ada pada kapal yang berbentuk bulat dan berjajar dengan jumlah banyak. Selamat datang di kampung nelayannya Mui Ne..

wish list setelah dari tempat ini adalah, kembali kesini dan coba naik kapal bulatnya, kalau perlu ikut berlayar dan mencari ikan, haha

Fairy Stream

photo by : Moga/Adit

Destinasi yang juga bikin betah buat berlama lama. Karena nuansanya yang adem, sungai dengan air se mata kaki ini konon dulu adalah tempat nongkrong para peri, oiya sungai ini bisa banget dipake jalan karena arusnya kecil, lumayan lah kaki jadi adem. Ga perlu bayar tiket masuk, karena masih termasuk dengan paket Sunrise Tour, yeay!

Hari semakin siang, Fairy Stream pun semakin ramai tapi tetap kondusif. Sejujurnya, disini aku berasa banget ‘touris’nya, ga sedikit orang yang liatin aku sama iwit dari atas sampai bawah, entah karena outfit kita dengan jilbabnya, atau memang ada yang aneh dari muka ini. Tapi buatku yang muka aspal alias ga peduli sama lirikan orang, hari yang panas itu tetep kita bawa happy karena aku nemu bocah lucu dan menggemaskaaan!

Sunrise Tour pun berakhir jam 10an pagi, jangan khawatir karena tour guide akan menjemput dan mengantar kembali ke tempat kita nginap

terimakasih mas tourguide, walau ga ngobrol banyak, tapi dialah reminder di setiap destinasi sampai nyamperin kita di ke tengah area biar ga habis waktu di satu tempat untuk bisa menikmati spot bagus lainnya, mantap betul bang!

Nah, ada sedikit rekomendasi yang bisa jadi catetan kalau mau ke Mui Ne :

HOW TO GET MUINE ?

1. Booking penerbangan ke Ho Chi Minh
  2. Booking penginapan di Muine, saran sih di daerah Mui Ne Ward, Phan Thiet City atau kalau perlu rekomendasi hotel, kemaren kita di Sea Winds Resort (klik untuk detail Resort)
  3. Saran, mending nginep dulu sehari di Ho Chi Minh sekalian cari agen bus untuk ke Mui Ne
  4. Siapkan budget pp (Ho Chi Minh - Muine) biaya bus sekitar IDR 300k
  5. Bandingkan harga Bus antar agen atau jasa di hotel, karena harganya lain dan berbeda untuk weekday/weekend
  6. tiket bus dapet! saatnya meluncur ke Muine, lalu cari travel agent untuk antar kamu ke beberapa kawasan destinasi cantik disana. Kalau untuk berlima, seorangnya kena USD 45 atau sekitar IDR 125K/org dan kita memilih Sunrise Tour
travel Agent yang kita booking untuk Sunrise Tour

NOTED FOR MUINE TRIP

photo by : Fadjar

1. Warga lokal disini kayanya sedikit yang bisa Bahasa Inggris, jadi siap siap aja pakai bahasa Kingkong ya :’
  2. Disini juga agak susah cari halal food bahkan tempat makan Vegetarian juga kemaren ga nemu yang terdekat, saranku sih konsumsi buah2an atau rebus sayur aja, kalau mentok udah laper, bisa cari restoran seafood (jangan lupa bismillah dulu sebelum dimakan, kemaren aku sedikit ragu sebetulnya, huhu)
  3. Masih tentang makan, kalau bisa jangan lebih dari jam 10 malam karena sebagian besar jam tutupnya jam segitu
  4. Perihal tour guide, kemaren kita cari on the spot daerah penginapan, jadi bukan online booking ya :) dan ada 2 waktu tour yang bisa dipilih; Sunrise or Sunset
  5. Sisihkan budget dolar untuk ‘ongkos’ jeep attraction di White Sand Dunes, karena itu diluar budget untuk Agen Sunrise Tour
  6. Budget ! silahkan tukar ke USD atau VND dengan rincian biaya sebagai berikut :

Budget per orang selama 2 hari 1 malam di Mui Ne (sudah dikonversikan ke IDR)

Transport IDR 312k
Makan IDR 181.4k
Penginapan IDR 83k
Sunset Tour Jeep IDR 125k
Jeep di White Sand Dunes IDR 195k

TOTAL IDR 896.4K

pssst, sedikit cerita aja. Habis dari Muine kita kembali ke Ho Chi Minh dan yang bikin happy adalah ..

photo by : Fadjar

naik Sleeper Bus tingkat!
wohoo, pertamakalinya buatku jadi heboh sendiri :D