Kamis, 31 Mei 2018

4 Special things from Ho Chi Minh - Vietnam

photo by : Fadjar

Berencana ke Ho Chi Minh dalam waktu dekat ini ? Kalau gitu, postingan sekarang kuharap bakal jadi referensi kalau kalau kalian bingung mau kemana saat jadi bule di kota terbesar di negara Vietnam itu. Walau ga pernah masuk dalam bucket list, nuansa jalan ditengah keramaian kotanya pernah singgah beberapa kali di bunga tidurku, suasananya mirip seperti Ho Chi Minh di malam hari.

eittt ! nonton vlognya dulu yok, dimarih :



a sweet frame in the morning




Menghabiskan sekitar dua malam disini rasanya kurang! tapi ada 4 hal yang kayanya bisa jadi alasan untuk berangkat kesana lagi seperti :



sekaligus belajar beberapa bagian sejarah Negara Vietnam

 ga cuman enak tapi juga HALAL :)

 yang gabisa dijelasin dengan kata, harus langsung dengan rasa

Kartu perdana yang kita beli dengan paket inetnya ternyata ga lemot sama sekali, jadinya bisa langsung instastory (eh), kabar kabaran dengan keluarga dan lainnya, atau pesen grab yang cuma butuh 3 menit untuk nunggu dan langsung menuju penginapan dari Bandara (kaga ada sikut sikutan antara taxi bandara dan taxi online, ntaps!)

REKOMENDASI DESTINASI WISATA HO CHI MINH

“ aku udah googling tapi ko kayanya ga nemu yang greget gimana gitu ya! “
aku ngalamin sendiri pas belum berangkat itu ga nemu tempat yang greget, kadang tuh google ga kasih tau tempat mana yang super oke, tapi berdasarkan apa yang kita lihat pakai kamera dari Tuhan (a.k.a mata) dan berhasil diabadikan oleh kamera dan jepretan ganti2an, beberapa tempat dibawah ini bisa jadi referensi yang cocok untuk jalan santai sore sore sama kekasih (engga deng, sama siapa aja-_-) beberapa rekomendasi untuk city tour seperti :
  • Pasar Cua Tay
photo by : Fadjar

yang mau belanja oleh oleh kayanya bisa deh disini, cuman kemaren kita numpang lewat untuk motong jalan aja, belum sampai hati pengen belanja kayanya,hehe
photo by : Moga

tempat yang merupakan simbol kemenangan, perdamaian, dan integritas wilayah negara Vietnam dan kabarnya jadi salah satu destinasi favorite di Ho Chi Minh.




Buat kalian yang seneng sama sejarah, tempat ini cocok untuk keliling sambil baca2 informasi yang super lengkap di setiap spot ruangannya, leng-kap! Dan jangan heran kalau pas lagi jalan sore di tengah kota tiba tiba nemu taman cantik kaya gini 

photo by : Fadjar


photo by : Moga




Bangunan pemikat mata ini secara resmi bernama Basilika Bunda Konsepsi Imakulata adalah sebuah katedral yang terletak di pusat kota. 

photo by : Fadjar

Dibangun oleh kolonialis Perancis, katedral tersebut dibangun antara 1863 dan 1880.

letaknya persis di sebrangnya Notre-Dame Cathedral Basilica of Saigon, bangunan tua nan cantik ini sebetulnya kantor pos yang dibangun pada akhir abad ke-19 yang sekarang menjadi objek wisata.

photo by : Fadjar




awalnya mau jalan santai aja nikmatin pemandangan citylight yang ada di seberang sungainya, ternyata Vietnam ngasih kita kejutan di tanggal 30 April yang biasa dirayakan sebagai Reunification Day. Jujur aku gatau itu peringatan apa sampai pada notifikasi WA dari Ayahanda yang bilang “Reunification Day, Bersatunya Vietnam Utara dengan Vietnam Selatan tahun 1975, mengakhiri pendudukan tentara Amerika di Vietnam Selatan” oke, baik. Setelah googling dikit, kesimpulannya memang kurang lebih adalah apa yang ayah bilang.



dan perayaannya cukup mewah dengan 15 menit kembang api di langit, so happy! ku harap temen temen dapet kejutan dari setiap perjalanan ya, ini adalah salah satu agenda yang ga kita rencanakan sama sekali dan aku sebut sebagai special travel gift made by Ho Chi Minh




Bangunan megah ini sangat dekat dengan Nguyễn Huệ Walking Street, selesai menikmati kembang api, kita sempet foto foto meski ga lama lalu balik ke hotel dengan jalan kaki hampir 2 kilo, yaps! saat itu kita milih jalan karena traffic lagi super padat efek hari perayaan. Jadi kalaupun pakai taxi itu bakal lama banget di jalan, dan ga ada salahnya jalan santai malem malem sambil menikmati kota, sebelum esok harinya pindah negara.

    REKOMENDASI TEMPAT MAKAN

    Karena di Negara orang, aku sempet parno soal makanan. Berhubung kita berlima muslim jadinya ekstra hati hati banget soal apa yang bakal kita konsumsi. Ternyata parnoku ilang saat salah satu dari kita searching : Halal Food, lalu keluar banyak rekomendasi tempat makan terdekat, seperti :







    berjarak kurang dari 1 kilo, kita bisa mencicipi makanan yang katanya Vietnam bangeut, dan ternyata penyebutan dari makanan ini bukan ‘pho’ tapi ‘feu’ nah loh jauh!



    tapi soal rasa, MashaAllah QodaruAllah kita diarahkan ke tempat yang sepertinya tepat, SUPER ENAK! TANPA TAPI. Semangkok Pho Halal biasa disandingkan dengan lalapan dan sambal khas yang entah terbuat dari apa pokoknya ntapss! Ternyata benar kata orang, menu satu ini bikin nagih, nyampe kita balik ke Jakarta juga masih kebayang bayang rasanya :”)


    walau aku ga gitu doyan kebab, tapi Moga, Fadjar sama Adit doyan banget lama lama disini karena katanya mbak mbaknya manis (hmm, baik, alhamdulillah itu membuktikan mereka masih lelaki normal)

    photo by : Moga

    tapi emang oke sih kebabnya gede banget dan isiannya juga padat dan sangat bikin kenyang. Selain halal, harganya juga pas! kalau di Rupiahin sekitar IDR 47k per orang (udah sama kentang dan minum) lokasi makan kebab kemaren ada di daerah tempat kita nginep yaitu kawasan Pham Ngu Lao ward - Ho Chi Minh City.

    crewnya ramah banget, mau aja foto sama turis Nusantara




    ini makan besarrr!! pas kesini kita pas lagi lapar maksimal dan terbayar. Siapkan budget sekitar IDR 60k  (masih kembalian si) dan kalian akan dapet porsi besar, jangan lupa menikmatinya dengan damai, gaperlu buru buru~ menurut kita tempat ini rekomen banget! lokasinya masih di kawasan Pham Ngu Lao ward - Ho Chi Minh City.


    Vegetarian food


    menu aman yang ga perlu ditanya tanya lagi, inshaAllah halal! dan beruntungnya kita dapet menu vegetarian di hotel tempat kita nginep yaitu Vintage Hostel Saigon <click for detail. Jadi sebetulnya ini panduan aja, kalau kita lagi ada di area yang ‘sulit’ akan halal food, silahkan mencari tempat makan dengan keyword : Vegetarian food. Alhamdulillah, 2 malam kita nginep di Ho Chi Minh, 2x dapet sarapan yang super enak dan bikin kenyang.


    REKOMENDASI TEMPAT NGOPI

    Setelah seharian puas menikmati kota, dan perut udah kenyang, saatnya ngopi sambil nongki atau sekedar menghabiskan sisa malam di Ho Chi Minh. nah, berikut ada rekomendasi tempat yang rasa kopinya ga kalah gokil sama enaknya makanan Vietnam dan sekaligus bisa jadi tempat nongkrong sampai masuk angin, cekidot!

    Merupakan kedai kopi yang beberapa kali kita lihat di kota ini, semacam produk lokal yang cukup unggul menyaingi brand ternama seperti S*ar*ucks. Disini aku rekomendasikan untuk beli oleh oleh kopi vietnam karena sebungkus kopi beannya ada yang cuman IDR 28k saja.



    Jangan sampai kaya aku yang nyesel karena belinya cuma sebungkus :( Rasa kopinya ? duh, ENAK! pecinta kopi kayanya sepakat deh kalau udah nyoba (padahal cuma nyoba one shoot doang, yang beli mah Moga)



    Kalau kesini mending jangan take away deh, karena dia punya tempat yang cukup unik yaitu the wall full of sticky notes yang bisa dipake buat nongki dan foto foto~



    dari pada corat coret di alam, mending disini ajaa 


    Ga hanya kopi tapi disini juga jual gelato!yuhuuw! and you know what, a cup of Mint Choco Gelato is so Ammmmazing



    Gimana ? tertarik untuk berkunjung ke Ho Chi Minh ? semoga rekomendasi diatas bisa jadi list yang bisa kamu dikunjungi dengan waktu terbatas tapi tetep berkualitas!








    kalau udah di Vietnam, jangan lupa agendakan ke Mui Ne, ada apa disana ? tunggu postingan setelah ini ya!



    salam hangat dari kami berlima, Wassalamu’alaikum

    yang belum kenal, kenalin. (dari kiri) Moga, Iwit, aku (nis), Adit dan Fadjar
    (klik untuk kenalan lebih jauh, eh)



    Budget selama 3 hari 2 malam di Ho Chi Minh (sudah dikonversikan ke IDR)

    Transport IDR 1.466.500 (Pesawat menuju Ho Chi Minh, Bus ke Muine dan taxi sekitar kota)
    Makan IDR 245.500
    Penginapan IDR 234.800
    Paket Internet IDR 24.000
    TOTAL IDR 1.970.800 (belum termasuk oleh2 dan biaya tak terduga lainnya ya, saran sih siapkan 30% dari biaya kebutuhan pokok)

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar