Senin, 25 Desember 2017

Nyicip KULINER di Aceh!

Icip icip time ! postingan kali ini aku mau bikin penasaran tentang enaknya jajanan Aceh, karena selain destinasi wisata yang kece dan gaada habisnya,  kota yang satu itu punya banyak ragam makanan dan minuman yang jadi list wajib untuk di datangi dan di coba pastinya. Belum sampai di Banda Aceh, aku sudah dikasih rekomendasi yang ga sedikit dari temen temen asli sana, ya kopi, mie, roti, camilan, sampai ikan. 




Berikut kuliner  yang sempat aku coba di Banda Aceh maupun Pulau Weh yang wajib masuk daftar jajan :


Kopi Ulee Kareng
Cukup dengan 5k kita udah bisa dapetin kopi Ulee Kareng (pelafalannya harus pake “kopi” ya) karena Ulee Kareng adalah nama daerah yang biasa memproduksi/mengolah hasil kebun. Mau dingin atau panas, harganya sama ko. Jadi buat pecinta kopi hitam, harus banget coba ini. Nyarinya gampang, salah satunya bisa kamu temuin di warung kopi daerah kampus UIN Arraniry namanya Waktar Coffee

es kopi Ulee Kareng : Rp 5.000


bisa banget kalau mau dijadikan oleh oleh, karena ada yang jual sachet - an dan super praktis, tinggal seduh (tapi kalau gamau terlalu banyak nyampah kemasan, bisa langsung beli yang bingkisan besar. Banyak banget varian kopi satu ini guys! kuy)


Mie Aceh
Terdiri dari 2 jenis yaitu Mie Kering dan Basah. Kalau liat namanya, jangan bayangkan ifu mie dan mie kuning ya guys karena itu nama lain dari Mie Goreng dan Mie Kuah. Oya, kalau di sana, menunya ga pake 'Aceh' lagi dibelakangnya dan bisa kita dapetin di warung kopi. Sambil ngopi, sambil ngemie, sambil wifi-an gratis! disini memang ga susah nyari tempat nongki yang murah meriah

Sepiring Mie Kering/Basah : Rp 7.000


rasa gausah ditanya, buatku ini enak jadi camilan. haha, sejujurnya aku ga kenyang makan mie karena pasti harus makan nasi lagi sebelum atau setelahnya. Btw untuk yang kemaren rekomendasikan aku satu brand Mie Aceh, so sorry aku ga sempet mampir karena katanya tempat itu bisa request “daun hijau” (if u know what i mean)


Roti Canai + Gula
jatuh cinta pada sobekan pertama, dan ternyata kalau di diemin lama roti ini ga akan mengeras alias masih endeuss. Lokasi jajannya masih sama kaya Kopi dan Mie Aceh yaitu di Waktar Coffee

Roti Canai + Gula : Rp 4.000


Kenyataannya, nambah dua porsipun aku sanggup abisin! dan memang belum pernah nemu roti canai seenak ini di Bandung atau di kota manapun. Aku merasa wanita paling rakus saat itu :"



Mie Sedap Sabang
Dari namanya, jelas kita harus ke Sabang dulu nih guys. Tapi hasil tidak pernah menghiananti proses ! Perjuanganmu ke Sabang nanti harus dibayar dengan memanjakan lidah di Kedai Mie Sedap. Jangan kira ini rasanya kaya mie tek tek atau mie goreng biasa, aku pribadi gabisa tebak mie satu ini bumbunya pake apa aja (emang dasarnya belum ngerti masak memasak juga si) pokoknya, ENAK ! BANGET!

Mie Sedap Sabang : Rp 13.000


Oya kalau kesini, bisa sekalian liat liat ruko di sekitarnya yang jual oleh oleh khas namanya Kue Sabang, asli itu juga enak banget, dia bapia tapi aku jadi lebih suka itu dibanding yang dari jogja (haha, move on itu mudah. krik!)



Ikan Kayu
jenis ikan ini bisa diolah dengan berbagai cara. Aku sempet nyobain langsung yang diolah pakai kuah yang rasanya mirip sarden, enak banget kalau dimakan pake nasi panas.

Olahan Ikan Kayu : Rp 5.000


Ikan kayu juga dijadikan sebagai oleh oleh yang bisa kamu bawa pulang karena udah di packing dengan bumbu di dalamnya, siap masak! yay :D


Mie Bakso Ayam
kalau ke Banda Aceh, coba mampir ke daerah namanya Lampaseh, lalu cari warung yang namanya Kedai Bakso. Ada yang unik, disini mie baksonya pakai ayam suir, tampak atas jadi kaya bubur pake bakso, padahal dibawahnya itu ada mie yang nunggu untuk di lahap! Lagi lagi soal rasa, ga diragukan deh.

Mie Baso Ayam : Rp 13.000 | Teh Hijau : Rp 5.000

Aku tenggelam dalam suapan pertama guys (terdengar lebay, tapi beneran!). Karena bukan lidah kuliner, gabisa bedain mana makanan kurang asin atau terlalu asin, pokoknya ini baso super enak! tinggal hap! gaperlu kelamaan aduk aduk cek bumbu, pokoknya aku kasih nilai untuk baso ini 9/10 dari segi rasa dan porsi, ntap!


Blang Padang, spot nongkrong sambil jajan!
Nyari tempat jajan dengan varian yang beragam? Blang Padang tempatnya! mulai dari baso tahu, nasgor, jus, sampai sop buah yang disajikannya cukup unik menurutku, kaya tower es (atau kayanya aku yang baru pertama kali liat jadi sedikit norak ekspresinya pas nemu ginian). 

Es Sop Buah : Rp 10.000


Pokoknya kalau kesana temen temen bisa ngontak temenku namanya ka Fonna, kakak ini kayanya kenal sama semua tenant stand disana, siapa tau dapet diskon pas jajan. hehe~


Brownis Kopi
Makanan yang satu ini juga ga kalah hits, perpaduan antara kue brownis kekinian plus ciri khas yang Aceh banget yaitu kopi.



Nah waktu itu sih sebetulnya temenku yang penasaran banget sama rasa brownisnya, akhirnya kita beli dan nikmatin bareng bareng di Blang Padang deh


Rujak - Blang Bintang
Kata kak Afrita, rujak disini terkenal banget. Ga cuman murah, tapi bisa sekalian memanjakan mata dengan pemandangan yang kece secara! Serius, kalian harus mampir kesini guys.

Rujak Blang Bintang : Rp 5.000


Meskipun aku bukan salah satu penikmat kuliner ini, tapi ternyata pemandangan disekitarnya sesegar menikmati sepiring rujak Blang Bintang, gimana engga, sambil jajan, sambil ngeliat view dua Gunung yang ternyata berpasangan. Hallo Gunung Agam dan Inong

tuh, gunung aja sebelahan sama pasangannya.



Oleh Oleh yang ACEH BANGET!
cari buah tangan untuk dibawa pulang? kita bisa temui salah satunya di daerah dekat Masjid Baitturahman seperti daerah Peunayong. Disana lengkap, mau makanan, kain, baju atau cindera mata pernak pernik lainnya, menurut temenku yang asli sana harganya standar, cocok di kantong inshaAllah. Nah, aku berhasil mengumpulkan beberapa yang aku mau antara seperti :

untuk harga masing masing aku rahasiakan gapapa ya, ga terlalu suka nyebutin harga oleh - oleh

Berikut list lokasi pembelian oleh oleh, semoga bermanfaat :
- Lokasi Sabang : Kue Sabang, Gantungan Kunci
- Lokasi Peunayong : Ikan kayu, Socolatte, Manisan Pala, Pin Hijab, Mini Slingbag
- Lokasi Ulee Kareng : Kopi


nah, sekian postinganku kali ini. Semoga bermanfaat, dan bisa membantu temen temen yang mau atau lagi di sekitar Aceh. Terimakasih ~



Baca juga postingan terkait (klik):



2 komentar:

  1. Mini Slingbag-nya cantik sekali, harganya berapa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sorry baru liat komennya, 175ribu kalau gasalah ka, atau lebih murah aku lupa deh, yang jelas ga sampai 200k :)

      Hapus