Senin, 30 Oktober 2017

Panggilan dari Kilometer Nol Indonesia - Pulau Weh

Hallo ! teman teman yang nyasar kesini, kali ini yuk kita main ke Pulau yang letaknya di  Barat Laut Indonesia, Pulau Weh! Tempat yang memiliki satu kota kecil yang begitu familiar bernama Sabang.

Menyebrangi Mulut Selat Malaka

Terimakasih untuk beberapa rekan di tim @ENJAceh yang udah mengimi imingi aku dengan kalimat “kamu udah di Aceh masa ga ke Sabang sih rin, sayang loh udah jauh jauh dari Bandung” Keadaannya saat itu adalah kita lagi  program di Pulau Banyak, Singkil. Setelah dibujuk sana sini aku iseng buka instagram dan muncul di timeline ada @disbudpar_aceh yang posting tentang Sabang, tiba tiba ngebatin sendiri kok pengen ke sana ya ..

tumbler yang sering aku tinggal tinggal, tapi tetep dicari juga


Alhamdulillah, Rabu 11 Oktober 2017 lalu aku dikasih jalan untuk pergi ditemani Kak Afrita, biasa aku panggil Kak Ita (yang mau belajar diving bisa tuh sama beliau). Dari Banda Aceh, 30 menit pakai motor menuju Pelabuhan Ulee Lheue untuk melintasi dan menyebrangi mulut Selat Malaka lalu berlabuh di Pelabuhan Balohan - Pulau Weh. Sekitar dua jam diatas kapal Ferry kita habiskan dengan sarapan, foto foto dan .. curhat. #FYI untuk jadwal kapal bisa dilihat disini (namun kadang ada perubahan karena faktor cuaca dsb, jadi saran sih datengnya jangan mepet atau bisa tanya temen yang punya kenalan orang pelabuhan untuk make sure jadwal kapal)

welcome to Weh Island, this place made us relax for awhile …

Mungkin beberapa dari teman teman sudah bisa menebak, goal aku untuk ke Pulau Weh salah satunya yaitu sampai ke titik NOL Indonesia, dan itu memang benar. Jalanan menuju kesana bikin mata dan batin seketika adem, kanan kiri hijau dan ga jarang disuguhi dengan belokan yang view pantainya itu .. susah dijelasin saking eksotis dan menenangkan.

sebelum berangkat aku sempet kena flu ringan, dan pas dikasih view gini tiba tiba sembuh di jalan, magic !

Satu jam berlalu di perjalanan, beberapa kali aku nawarin Kak Ita untuk gantian nyetir motor tapi ditolak, jawabnya pasti “gak papa, gausah, santai aja” dan sifat ga enakanku kambuh kalau gini, yaaa dari pada drama rebutan nyetir motor akhirnya aku cuma bisa do’ain semoga kebaikanmu dibalas berlipat ya ka. Dua jam kita habiskan untuk menyusuri jalan menuju tempat yang aku bayangkan sejak jaman SMA …

KILOMETER NOL INDONESIA

Finally, Seneng banget adalah ketika kita bisa sampai disini tanpa bingung cari spot foto, karena memang saat itu lagi ga ramai pengunjung, yeah ! #weekdayvacation memang ga pernah mengecewakan.


Pas sampai sini, aku tiba tiba kangen mereka yang biasa ngajak traveling bareng ke tempat tempat seru. Sebelum ada niatan ke Pulau Weh, salah satu dari mereka bilang “extend lah ke Sabang, tanggung!” emang bener ya omongan itu do’a, eh kejadian kan, berangkat kan, nyampe sini kan udah. Btw, kalau kalian mau kesini ada jasa pembuatan sertifikat nol kilometer yang dikenakan biaya sebesar Rp 30.000. Sejujurnya aku ga buat, karena pas kesana yang biasa ngurus lagi ga di tempat jadi gabisa langsung dapet saat itu juga. Kalau kalian mau buat sebetulnya nanti bisa diantar ke tempat nginap kita (tapi penginapannya harus di daerah nol kilometer ya, kaya Iboih inn dan sekitarnya)

Menikmati waktu hening di
GOA SARANG

Selain ke tugu kilometer nol, jangan lupa juga untuk ke destinasi lainnya di Pulau Weh, salah satunya Goa Sarang. Harga tiket masuknya cuman Rp 5.000 dan kita bisa langsung menikmati pemandangan laut dengan santai. 



Suasana hening dan tenang adalah saat yang tepat untuk bersyukur, ga peduli batre gadget yang udah abis semua, seolah memang disuruh berdiskusi dengan diri sendiri dan alam dengan backsound ombak dan angin, #tafakurtime





Enjoy your trip at SABANG !

Jalan jalan disekitar kota Sabang itu berarti Santai Banget, suasananya tenang dan dalam jarak dekat selalu nemu tugu yang eye catcing untuk jadi spot dokumentasi, yeah!




Tugu Garuda

Sejujurnya, satu malam disini tuh ga cukup teman teman, beneran deh. Minimal dua malam kali ya, satu hari untuk muter muter kota, satu harinya lagi untuk menikmati spot spot bawah lautnya. Oh ya! kalau ke Sabang, kalian bisa nyantai dan berlama lama di Sabang Fair. Selain bisa nikmatin pantai, kadang disini juga ada acara budaya dan sebagainya.


Satu hal yang sangat disayangkan yaitu aku tidak mengagendakan berenang di sekitar pulau Weh, padahal kalau browsing di internet katanya Sabang terkenal salah satu pusat wisata bahari nasional bahkan internasional dengan keindahan pantainya yang gaperlu dipertanyakan lagi. Dilihat dari ketinggian aja udah memanjakan mata, dan baru sampai di Bandung ini aku penasaran sama bawah lautnya, dan sebagai informasi sebentar lagi mau ada event Sail Sabang yang akan diselenggarakan pada 28 November - 5 Desember 2017 nanti, pasti seruuuuu! cek juga : Sail Indonesia . Semoga dilain waktu aku dikasih kesempatan lagi untuk kembali kesana, aaamiin


Jadi, aku udah coba list beberapa rekomendasi wisata bahari yang siapa tau  bisa berguna buat temen temen ataupun buat aku sendiri biar pas ada rejeki untuk kesana lagi ga bingung mau kemana, bisa dicatat dan di googling untuk tau lebih lanjut. Berikut spot lainnya yang wajib dikunjungi kalau ke Pulau Weh ;

  • Pantai Iboih Sabang
  • Pulau Rubiah
  • Pantai Sumur Tiga
  • Pantai Gapang
  • Pantai Ujung Kareng
  • Danau Aneuk Laot
  • Pantai Anoi Itam

List diatas aku dapet dari blognya bang Hafas, salah satu agam Aceh yang aku kenal di program Ekspedisi Nusantara Jaya di Pulau Banyak, cek blognya disini, karena beliau juga udah mencantumkan jadwal kapal beserta tarifnya serta beberapa rekomendasi tempat menginap di Pulau Weh, oh ya tentang penginapan kemaren itu aku dapet yang murah meriah tapi tetep nyaman nama penginapannya Ata Loen.

karena aku cuma berdua sama ka Ita, jadinya ambil kamar yang 100k /kamar /malam, murah banget kan

Lokasinya persis ada di sebrang gerbang Pantai Sumur Tiga dan deket juga sama penginapan Freddy Rousseau atau temenku bilang Freddys yang punya restoran dengan makanan super enak, kalian harus coba nasi goreng seafoodnya, terbaik!


viewnya langsung menghadap ke Pantai Sumur Tiga, mantap!

Oke, sekian cerita tentang 24 jam di Pulau Weh - Sabang. Semoga membantu kalian yang berencana kesana, karena destinasi wisata di Indonesia Barat juga ga kalah keren sama yang ada di Indonesia Timur, yuk ke Sabang! 



baca juga postingan Spiritual Journey selama di : Banda Aceh < klik
atau, mau kenal sedikit KULINER ACEH ? bisa baca di SINI < klik 


Wassalamu’alaikum teman teman,

1 komentar: