Jumat, 15 September 2017

Mendadak ngeGIGS - SOUNDRENALINE 2017

Gigs kali ini aku niatkan berbeda. Mungkin nyaris setiap orang yang dateng ke konser berharap dengerin band favoritnya, begitu juga aku. Pengen pake banget rasanya liat bang Duta, Endank Soekamti, Maliq, Payung Teduh, Endah n Resa, Barasuara, Dialog Dini Hari, Float, mbak Danilla dengan lagu Wahai Kau nyaaa, Fourtwnty, Aditya Sofian, dan Abdul and the Coffee theory. Tapi pada eksekusinya, semua nama yang aku sebut diatas sama sekali ga tercapai di Gigs ini, sedih? ternyata enggaaaa! sama sekali engga. why? karena sebagian besar dari mereka udah pernah konser di Bandung dan alhamdulillah aku pernah dikasih kesempatan nonton penampilan kece mereka, sehingga gaada penyesalan sama sekali untuk ga nonton di GWK, aku tipikal yang ga terlalu suka mengulang konser (misal, udah nonton payung teduh di bandung, lalu nonton lagi di Bali). Seperti yang aku bilang sebelumnya, aku niatkan Gigs yang satu ini hanya sekedar menyentuh euforianya, bukan mengejar artis layaknya fans, dan itu tercapaaaai !!! meski hanya bisa dateng satu hari tepatnya di tanggal 9 September 2017

masuk ke arena sekitar jam magrib, langsung disambut sama suara lembutnya mbak Andien, omg ! aku yang belum pernah sama sekali nonton konsernya secara langsung, biasa cuma liat instastorynya aja yang di penuhi sama anaknya yang lucu bernama Kawa. mbak Andien, terimakasih untuk lagu Indahnya DuniaThis video officially made me cry the first time I watched it

Karena konser besar ini punya 4 stage, jadinya biar maksimal kita coba datengin ke 4nya kecuali satu yang amphitheatre karena itu super ngantri dan memang spacenya terbatas dan nonton konsernya sambil duduk, band yang ditampilin di spot itu juga terhitung kalem kaya abdul and the coffee theory, endah and resa dan lainnya, yang ga mungkin loncat loncat deh pokoknya. Bawaannya tuh pasti ber atmosfir romatis, so… kita skip! (bilang aja gaada media untuk disandari, wa to the tirrrr)

Jadi, nonton apa aja di GWK ?

Selain nontonin asap rokok dimana mana, aku ngikut Moga dan Fadjar nonton band yang mereka mau. Untungnya, mereka bawa aku ke band band yang belum pernah ku tonton sebelumnya; Andra and the backbone, naif. Sumpah ya, berasa balik ke jaman SMP, ngerasa tua aku nyanyi nyanyi lagu mereka, lalu ada juga penampilan kolaborasi bertamakan united we loud ! yang diisi sama Danilla, vocalisnya alexa dan padi dan lainnya yang aku lupa, oiya ada juga … bang Iga !!! yuhu! ga dapet barasuara, dapet ngeliat beliau kusenang deh (maafin ya aku alay banget part ini)

gigs malam itupun kita tutup dengan nonton JET ! ga tau mereka siapa, tapi pas lagu penutup tiba tiba melow sendiri karena sering denger lagu ini pas di kantor atau di aplikasi Ooooh look what you've done you've made a fool of everyone ~ Oh well it seems like such fun until you lose what you had won ~~ " aaaah GWK, Soundrenaline, terimakasih!

Pernah ngalamin kaya gini ga;
bisa Pergi ke suatu tempat, tapi (nyaris) gabisa Balik ?

nah kita baru ngalamin kemaren. Pulang dari Soundrenaline, pake gocar menuju terminal Ubung untuk nyambung ke Gilimanuk dengan elf, dan sekitar pukul satu dini hari, yang kita liat cuma bus kosong tanpa penumpang, taxi nganggur dan 1 elf yang udah di booking sama 14 orang dan kita bertiga gabisa join karena emang udah penuh. Baru sampai di terminal kita udah di ‘todong’ sama orang sana dan diarahkan untuk naik bus yang harganya sekitar 70k perorang, entah bujukan apa lupa sampai akhirnya kita bayar duluan sebelum akhirnya tau kalau busnya baru berangkat jam 5 pagi. WHAT, JAM LIMA !

ngeliatin ini aja deh udah hiburanku saat itu

Kenapa ga nginep di Bali dulu sampai pagi lalu pulang?

karena ngejar kereta dari Banyuwangi jam 7 pagi yang udah di booking, tapi menit ke menit kita pasrah dan menyimpulkan kayanya ga bakal kekejar untuk kereta pagi. Lalu liat jadwal di traveloka, harapan kereta lainnya ada di jam 9 pagi atau jam 2 siang. Lapurlah tiket jam 7 karena waktu menunjukkan pukul setengah 3 di Bali. Lalu datanglah elf yang membawa angin segar, yang berangkat saat itu juga dan akhirnya kita minta kembali uang yang udah dikasih ke mas mas bis itu meski yang balik hanya 70%, hm.. transportasi umum di Bali masih (maaf) mengecewakan seperti 4 tahun kebelakang, pungutan liar masih banyak dan faktanya bukan aku aja yang selalu menggerutu perihal ini.

Setelah terdampar di Terminal Ubung - Bali, kitapun kembali terdampar di Stasiun Banyuwangi Baru

inilah pertamakalinya buatku, jalan jalan tergamblang perihal planning, alhamdulillahnya ga dikasih panik sama sekali, cuma cape mikir sama nunggu aja. Jadi, sampailah kita di Banyuwangi lagi jam 8 pagi, fix kan yaaah ketinggalan kereta pagi jam 7, dan, dan daaaaan ! kejutan selanjutnya adalah, kereta menuju surabaya di hari itu ternyata sudah habis semua, baru ada lagi besokannya. nah loh. Moga sampai bulak balik ke loket untuk nanya ada yang cancel apa engga, beneran abis apa engga, sampai nyocokin di online yang keliatannya masih ada tiket dan ternyata hanya tersisa satu tiket. Akhirnya, kitapun satu suara untuk tetep balik dari Surabaya sesuai rencana awal dengan saran Ilham menggunakan Bus malam dari Banyuwangi.

Terimakasih Ilham dan Vara, penganten baru yang bikin kita ga terdampar lagi !

So sorry ham, var, kalian jadi repot pas tau keadaan tiga orang yang sungguh random. Mereka ngangkut kita dari Stasiun Banyuwangi Baru dan anter ke homestay, tempat kita nginep sejak sebelum ke undangannya Ilham Vara. Merekapun menyarankan untuk naik bus malam ke Surabayanya, biar bisa istirahat dulu dan ga diburu buru waktu untuk packing. Toh enaknya bus malam, kita bisa tidur selama perjalanan, lagi lagi ngerepotin orang lokal :”D

sampai jumpa lagi di lain waktu, oya makasih loh udah ngenalin kita sama daerah kemiren. Disana kita bisa liat rumah tradisional khas Banyuwangi yang bisa bisanya aku lupa foto-_-

Drama Trip ini pun berakhir di Surabaya.

Sampailah kita di Surabaya sekitar jam 3 dini hari dan lanjut ngerjain orang lain. Korban selanjutnya yang kami repotkan adalah Ndo (nama aslinya Dhea, namanya sama kaya temen kita yang di Bali nih emang). Ndo dan temannya yang bernama Dewa mau mau aja jemput kita di Terminal Purabaya - Bungurasih. Perpisahanpun dimulai, keliatan banget Moga sama Fadjar agak berat untuk selesai gitu aja di trip ini, mau gimana lagi.. kerjaan di ibu kota udah nunggu. Kitapun misah di Bandara Juanda, aku dan Ndo lanjut ke kosannya di komplek ITS. Waktu 4 jam sebelum kereta ke Bandung aku manfaatkan untuk lurusin badan (rebahan, nebeng di kasurnya ndo), mandi, ngobrol super singkat, dan sarapan, aaaakkkk sampai jumpa lagi ndo :””

pas aku pajang foto ini di instastory, temenku kira kita kembaran loh ! hahahaha, kita kembar ko, sama sama keras kepala, ups!!

So, selesainya trip ini cukup menginspirasiku untuk beberapa hal, kalau kalian terjebak di keadaan semacam ini, aku punya sedikit tips yang mungkin bisa bantu kalian ketika gapunya rencana fix mau kemana tapi udah terlanjur ada di tempat yang jauh dari Rumah atau bingung mau ngapain saat ada waktu yang terlalu luang ;

DO : bawa buku bacaan atau bahan bacaan lainnya kaya majalah, jangan hanya main hp dan hp, gadget itu punya batas, satu waktu bisa habis batre dan itu sangat membosankan kalau hanya liat layar

Don’t : Panik. itu ga beresin masalah. Disini kita dituntut manajemen waktu, manajemen gadget. Browsing tempat oke disekitarmu pake gadget atau tanya orang lokal akan rekomendasi tempat.

DO : kontak teman bila ada. Itu bakal sangat bantu kita ketika bingung mau kemana, pakai apa, perkiraan budget dan sebagainya. toh kalaupun ga kemana mana, kita bisa temu kangen sama mereka, kaya aku dengan Dhea (Bali) dan Dhea (ndo, Surabaya)

Don’t : debat ga penting satu sama lain. Beda pendapat itu pasti jadi bumbu di sela sela nge trip, tapi plis! kalau sekedar beda pendapat tentang mau makan dimana, mau jalan kemana, tolong egonya di redam dulu ya guys, pakai - kepala - dinging. Aku ga bermaksud menggurui, ini udah kealamin sejak 2013, debat gontok gontokan itu super ga penting, percayalaaah :)

DO : kabarin orang rumah kita udah dimana. Biar ga bikin khawatir aja, orang tua itu walau ga nanya kita dimana tapi pasti mereka kepikiran terus keadaan kita, keep in touch please ! but…

Don’t : melibatkan orang tua saat kita lagi kesasar atau ada rencana yang meleset dan sekiranya masih bisa kita handle sendiri. Misal, kalian nyasar terus langsung nelpon orang rumah, guys.. selama kanan kiri masih ramai orang, kendalikanlah dulu sendiri, kan ada temen, kan ada warga lokal, ya? hehe

DO : banyak minum air putih plus makan yang bener. Kalau engga, nanti tepar kaya Fadjar kemaren, haha. ini serius, apalagi kalau random dan mendesak kaya kita, gapunya rencana pasti yang bikin sering mobile sana sini secara mendadak dan mesti cepet, mau ga mau harus di doping sama asupan yang baik. Ga lupa sama obat pribadi, kalau aku biasanya tepar dikit langsung minum susu beruang dan voila! seger lagi deh

Don’t : terlalu banyak ngemil. itu bakal bikin tenggorokan kering dan ga hemat juga si menurutku, dikit dikit jajan, pengeluarannya ga bakal kerasa tau tau recehnya abis.

DO : ikuti intuisi perihal tempat tujuan. Misal gini, kalian diajak ke pantai, tapi ko mager ya. setengah setengah dan condong ke ga mau, nah mending di komunikasikan ke yang lainnya. Kalau ngikut iyah iyah aja, jangan salahkan yang lain kalau berujung penyesalan, lagi lagi terkait komunikasi, obrolin ajaaa~

Don’t : ikuti hawa nafsu semata. “ah biar dunia tau gue kesini, biar si mantan panas gue lagi kesini sama dia” meeeehhh.. sungguh klasik. jangan lah ya, sepertinya temen temenku ga kaya gitu, inshaAllah

DO : tetep seimbang. Saat traveling, Hubunganmu dengan manusia dan Tuhan jangan berat sebelah. Nikmati kesempatan yang udah Tuhan kasih, dan bersyukurlah dengan tidak melupakan Nya. Ada saatnya kita bingung di tengah perjalanan entah mau kemana, tapi ga perlu khawatir, semuanya udah Ada Yang Atur ko, kita tinggal disuruh mikir dan milih, mau lanjut kemana …

sekian, dan terimakasih;
untuk trip ini, special thanks nya buat :

Allah, Ibu dan Ayah, Ocas (tengkyu kosan dan bekalnya), Arin (yang tiba tiba aku repotin perihal registrasi), Ilham dan Vara, Moga dan Fadjar, Temen temen DKV A (khususnya yang ngasih video testimoni), Kang Jabs (udah pinjemin duffle bag), Dhea Wikanaswari, Ndo (Dhea, Nadhilah Savetri, namamu membingungkan ya haha), Dewa (uber dadakan yang super baik), dan semuanya yang aku lupa siapa lagi, tengso so much!

sampai jumpa di trip selanjutnya, untuk kalian yang entah siapa. Gimana nanti~