Senin, 01 Mei 2017

Assalamu’alaikum, Singapore !




Hallo semuanya, ini tulisan pertama di 2017 dan langsung pengen cerita tentang trip kemaren April. By the way, ngomong ngomong soal pergi keluar negeri, aku bukan orang yang tepat untuk dijadikan sumber informasi karena ini  pengalaman baru untuk pertama kalinya nginjek tanah diluar Indonesia. Tapi aku coba untuk sedikit share tentang serunya nge-trip di luar nusantara, dengan tujuanku pribadi yaitu untuk merasakan betapa merindukannya Indonesia. Sebagai Pembuka, Singapore lah yang menjadi pijakan pertama ...



flight malem, dan langsung explore bandara yang ga kaya bandara, perpaduan antara workspace, mall, timezone dan hotel yang gapake aturan kaku. Jadi, gaperlu takut ditegur petugas gara gara ngebolang disini. Lemesin aja tsay ~

Pergi ke Negara orang, baiknya di plan lebih mateng dibanding ketika mau ngebolang di negeri sendiri, biar ga kaget kaget amat pas nyampe untuk ketemu sama budaya dan bahasa yang lain. ya baca artikel, ya tanya tanya sama yang udah pernah kesana baru baru ini, bikin paspor, susun itenary, termasuk booking hal primer kaya transportasi dan tempat nginep atau yang sekunder seperti destinasi wisata yg optimis dikunjungi. Penting juga! siapin mental untuk improve jaga2 pas ngetrip ada plan yang berubah, gaperlu panik. Nikmatin aja, karena itu seninya jalan jalan, salah satunya nyasar. Ah iya ! say hello untuk teman jalan kali ini ..

yes ! i’m the one and only, as a girl who trapped in this squad (it’s happened again, after #20dayswithyall trip) tapi gapapa, matahari dan bulan masih tetep sama kan? (nggg nyambung ih!)


So, how to get Singapore?

sangat gampang, Negara ini sepertinya memang di desain untuk hang out, liburan, tourist friendly sekaliiii. Banyak banget penerbangan ke SG (Changi Airport) dan usahakan cari ticket promo (kalau mau ngeteng2 tanpa pesawat aku kurang tau infonya gimana). Karena aku dari Bandung dan flight di Jakarta, aku saranin pake Bus Primajasa yang pool nya di Batununggal, karena itu bakal nganterin kita sampai Bandara Soekarno Hatta - Jakarta bahkan sampai terminal yang kita tuju. Sampailah aku di Terminal 2D dan beruntungnya aku karena sempet sholat jamaah disana dengan imam magrib saat itu yang bacaannya kece (intermezo). Disusul dengan kedatangan Fadjar, Moga, Acin, Adit, Ridi dan Gilang. Kenalan dikit yuk dari yang datengnya duluan …

Fadjar 
untuk trip ini, Fadjar bawa kado besar buat kita yaitu beli kamera baru! alhamdulillah, sony a7 lah yang jadi rejekinya dia dan otomatis jadi yang paling, paling diandalkan dalam hal foto foto. Kayanya dia beli kamera sekaligus beli paket sabar deh, soalnya super sabar banget ngadepin krucil kaya kita yang agak gila kamera. (Rumus fotografer : motoin orang, bagus. difotoin orang, fail). Jadi sebagai informasi, sebagian besar foto yang nanti muncul di postingan trip ini adalah hasil mahakaryanya, Big Thanks! djar~

Moga
as always, as a leader for every trip. Selalu jadi yang ngajak, paling pro kalau soal jalan jalan dan nyasarin orang (eiya ini beneran) tapi untungnya di SG sign nya oke jadi jarang banget nyasar kelamaan. Di trip ini dia spesialis vlogger, dan video tentang explore Changi bisa diliat disini.

Acin
gaperlu aku infoin siapa nama aslinya, yang jelas kalau kalian kenalan sama acin, pulang pulang pasti bawa cerita! antara cerita heboh, atau cerita kapok. 1 dari bertujuh yang sempet ketahan sama petugas imigrasi gara gara ga ngisi kolom alamat penginapan untuk di KL, pantesan feeling ku pas itu sempet ga enak, eh beneran ketahan ni anak satu :( untungnnya aman, tetep bisa lanjut ..

Adit
mirip sama Fadjar yang bawa kado baru untuk dokumentasi, gimbal! stabilizer yang jadi senjata adit untuk trip ini, kita lihat se-uwow apa hasilnya nanti. Welcomeback, dit! Dia yang baru resign dari kantor lamanya, ngisi waktu liburan long weekend itu untuk Seninnya masuk kantor baru, gileeee jadwal padat bung.

Ridi
sempet drama sebelum berangkat gara gara kejebak kerjaan kantor, yang paling besar keinginannya untuk bunuh Acin tapi kalau Acin ngilang bentar pasti langsung dicariin. Sehari duahari ngetrip, Ridi makin hari makin mirip orang India dan rasanya pengen ninggalin di littleIndia atau ga di Batucave.

Gilang
suatu kebanggaan bisa ngetrip bareng salah satu Mahasiswa terbaik lulusan almamater kampus, gils gils! pokoknya welcome to the trap bro, trip kali ini anggap aja salam perkenalan untuk kamu kenal gimana kita saat jalan jalan bareng, ya beginilah lang .. random tanpa drama. Paling sedikit bumbu cekcok tanpa akhir pundung tapi lanjut jalaaan~



NIGHT AT CHANGI AIRPORT

Faktanya, di hari pertama kita ga booking penginapan tapi Singapore yang memfasilitasi kita secara gratis di Bandara super kecenya. Bisa kalian coba untuk sedikit hemat uang hotel, nginep aja dulu di Changi tepatnya di terminal 2. Selesai Landing di terminal 1, sempet sibuk masing masing terkait paket internet dan masalahpun selesai ketika dapet free Wifi super kenceng, ada yang enjoy dengan mesin pijat gratis dan yang paling gabisa ditinggal adalah nyari toilet.


tips, mayoritas toilet tempat umum di SG itu toilet kering tanpa ada semprotan air. Airnya hanya bakal ditemuin di wastafel dan flush toilet (gaada pancoran loh ya, hanya untuk flushing) disediakan tissue sih, khusus untuk cewe cewe yang ga terbiasa bersih2 dari toilet hanya dengan tissue aku disaranin sama temen kantor untuk bawa botol bekas air mineral yang tutupnya udah dilubangin sedikit. Jadi, sebelum masuk wc, isi dulu botol itu pake air dari wastafel (wastafel ya guys, foto diatas itu bukan wastafel, itu refil pancoran buat minum), dan foilaaa, it’s works ladies! tapi kalau di hotel aman ko airnya, melimpah dan ada semprotan (tapi tetep hemat dong yaaa, harus)

tips lagi, bawa tumbler kemanapun kalian jalan. Selain biar ga main buang botol plastik, lebih hemat karena bisa refil air. Karena di SG banyak banget spot spot untuk kita bisa minum dan free refil seperti pada foto sebelum ini.


Menuju Terminal 2, Changi Airport - Singapore
Cukup liat Sign yang terpampang jelas, ikutin aja petunjuk yang bertuliskan Terminal 2, dan nanti akan diarahkan ke sky train, kereta tanpa masinis yang akan nganterin kita kurang dari 5 menit. (di dalem kereta aku usaha cukup keras untuk ga keliatan norak dengan berekspresi se-adanya, tapi aslinya aku speechless, ini negara tetangga gini amat kaya beda dunia). Sampailah kita di Terminal 2, dan langsung 2nd dinner (karena memang udah makan malem di Jakarta sebetulnya) merangkap sarapan sekalian nemenin Ridi yang saur buat puasa nazar (mashaAllah, bangga punya temen yang nepatin janji!)




gaperlu khawatir kalau laper tengah malem, banyak banget yang buka 24 jam salah satunya foodcourt yang jual sate ini, nama boothnya Nasi Lemak.Satay. Dengan harga rata rata 6 sampai 8 dolar, bisa dapet sepiring nasi lemak atau nasi + sate yang bumbunya enak menurutku, ga nemu bumbu sate gini di Indonesia. Oke, masuk list sate ter-enak setelah Rembiga, bulayak, Maranggi, nah ini ranking 4 menurutku. (tuh kan, aku baru makan sate aja udah kangen Indonesia). Hal yang keren menurutku adalah, disana banyak orang baik, karena sebelum nemu sate itu, aku ke salah satu kedai hotdog dan pas aku samperin dia bilang “sorry, this is not halal”, sangat toleran menurutku :)

Taman Cantik dan GRATIS !
Keajaiban lain dari bandara di negara tetangga itu adalah adanya taman yang ga biasa. Ada yang indoor, ada juga yang outdoor. 

taman indoor yang disekitarnya ada kolam ikan, adem. Bisa duduk duduk bentar sambil nunggu beberapa dari kita ngambil uang di atm yang cuman 5 lembar tapi bernilai rupiah sekitar Rp 500.000. 

Ga cuman taman, Changi juga punya movie teater, gaming room sama ruangan bersekat yang bisa dimanfaatkan untuk istirahat tidur sampai pagi.  Sayangnya gaada karaoke room, tapi gapapa itu ga penting penting amat saat itu.

Paginya, 13 April 2017
Sebelum keliling Singapore, pagi adalah waktu yang tepat untuk ngeliat taman outdoornya Changi yaitu Taman Bunga Matahari, gausah ditanya, cantik banget!



Selamat pagi, Singapore, terimakasih sudah menyambut kami dengan sangat indah. Sempat hujan sebentar, dan itu ga pernah jadi penghalang dalam setiap trip. Karena hujan adalah berkah (for sure)


Thankyou! Changi Airport
Entah kenapa gemes sama setiap sudut bandara ini, semuanya foto-able, semuanya terkonsep rapih dan tentunya bersih. Ga salah kita betah banget dan sengaja ga buru buru, tapi karena waktu yang ga lama jadinya kita caw pagi dari bandara.. daaaah Changi!










KARTU JIMAT
Siap untuk ngebolang disana, harus disiapin juga kartu sakti satu ini, biar bisa keliling ~


saran, siapkan uang jajan diawal untuk membeli kartu tourist pass. Beberapa hari di SG kartu ini cocok buat kita mobile pake MRT, LRT atau BUS. Dengan 26 $ kita bisa pake sepuasnya, kemana aja bebas ter muter SG. Kalau udah selesai tinggal dikembaliin dan kita dapet refund 10$, lumayan buat beli oleh oleh. Kartunya bisa didapet di Bandara Changi Terminal 2 ya dan bisa kamu refund salah satunya di terminal Doubt Gout

Setelah beli kartu itu, kitapun keluar dari Bandara Changi dan memulai trip Singapore. Sebelum keluar imigrasi, kita ngisi dulu form putih gitu. Karena negara yang akan kita kunjungi setelah SG adalah KL, Malaysia, makanya harus diisi juga beberapa data terkait. 

form ini harus bener bener dijaga ya guys, cuma selembar kertas tapi kalau hilang, urusannya panjang.

Kocaknya, si acin ga isi alamat nginep di KL, jadi lah kena sama petugas imigrasi untuk ngisi dulu sebelum keluar dari Bandara. Kita ga panik sih, yang ada ketawa dari jauh tanpa bantuin, aku malah ngiranya dia ketahan gara gara mukanya mirip imigran gelap dari China, ternyata cuman kerena lupa ngisi kolom. Yaaa lumayan lah, hiburan pagi! so, next post aku mau bahas tentang destinasi Pertama kita yaitu Sentosa Island tanpa mandi, oke pengakuan yang menurutku prestasi. gausah ditiru! thanks for reading …




List Budget (hitungannya per orang ya)
Budget 12 - 13 April 2017 (pagi)
  • Tiket Bus Primajasa : Rp 115.000
  • dinner at Soekarno Hatta Airport (Bakmi yang B aja menurutku) : Rp 52.000
  • Paket Internet 3 hari (1 GB, mayan laaa) : Rp 120.000
  • Satay (sate @ foodcourt Changi T2) : Rp 6$
  • Kartu Tourist Pass : 26$ (refund 10$)

Booking sebelum pergi 


  • Tiket pesawat (Jkt-SG, KL-JKT) : Rp 973.000
  • Hotel Singapore, daerah Rochor : Rp 130.000
  • Apartement di KL, daerah KLCC : Rp 220.000
  • Bus dari SG ke KL : Rp 175.000
  • Marine LifePark + Garden by the bay (Cloud Forest, Flower dome) : Rp 390.000

bersambung ke Sentosa Island

Tidak ada komentar:

Posting Komentar