Rabu, 01 Juni 2016

Nyasar ke Kawah Wurung

Hallo kengkawan yang kadang menyebalkan tapi kurindu! saat mood ini lagi aur auran, bawaannya pengen diculik sama kalian buat pergi, kemanapun. kecuali pelaminan, belum siapin anggaran soalnya #abaikan. Haiya, seribu alasan yang gausah dijelasin kenapa aku baru posting lagi, kenalkan, saya Nisrina Nur Buana, bukan salah satu dari anak multi-tasking sehingga kalau ada satu kerjaan atau kegiatan, ga akan bisa sambilan ngerjain yang lain. termasuk ngeblog. Oke, buat yang baru pertama buka blog ini.. selamat datang, selamat membaca, selamat mencaci maki di kolom komen :)

Untuk yang lagi gundah, aku saranin ajak orang yang kamu sayang untuk piknik meski bentaran, manfaain waktu yang ada buat seneng seneng, selagi bisa, dan jangan lupa ajak aku. Oiya, kalian ada yang pernah ke Bondowoso? dulu waktu SMP kalau denger daerah ini tuh kesannya horror, soalnya ada temen yang nyodorin vcd judulnya ‘bondowoso’ dan isinya penampakan sama ritual ritual gajelas gitu, astagaaaa jahiliahnya putih biruku. Tapi ternyata ke horror-an itu ketepis ketika kami singgah sejenak ke sana bulan Agustus 2015 lalu …

bersama ke-hinyai-an yang haqiqi, let's go!

kenalin, mereka partner kampret selama perjalanan 20 hari di Agustus 2015 lalu
Mas Hanif, Moga, Fadjar

Aku, moga, fadjar dan Mas Hanif ditememenin Ilham yang udah bantuin banyak selama di Banyuwangi (ceritanya klik disini). Kondisinya saat itu baru turun dari Gunung Ijen dan kenyang karena sarapan pagi, efeknya kenyang adalaaah.. ngantuk ! yang duduk di bak pick up sih bisa bobo siang, sementara aku yang duduk di depan ngerasa punya tugas buat nemenin Ilham yang nyetir mobil. Sungguh, mata sama otak kala itu udah gamau kerjasama, tapi yang bikin gajadi jadi tidur adalah ceritanya Ilham, pemandangan sekitar, debu yang nyemprot nyemprot kemuka, dan jalanannya yang superb! Lokasi tujuan kita namanya Kawah Wurung, dan kau tau.. akses menuju kesana tak semudah Cinta Lama Bersemi Kembali, guys.

Selain berdebu, matahari juga cukup terik dan bikin bersyukur untuk aku ga duduk di bak belakang pick up itu, sementara ketiga cowo disana cukup sibuk melindungi kulitnya biar ga kebakar sinar UV. Untuk menuju kawah wurung, kita ambil rute dari gunung Ijen aja ya..

Sekali lagi, akses menuju ke tempat ini ga mulus, jadi tolong limosinnya jangan dibawa bawa kesini ya temen temen milyader ku (amin), mantep tuh kalau bawa mobil yang emang buat offroad, atau kalau mau kaya kita pake pickupnya Ilham juga mantap ! tengkyu bos! Btw, sempet ada obrolan iseng tentang pengelolaan wisata di Bondowoso, abis liat trek yang ujubuneng kala itu jadi pengen nanya “ini pemerintah daerahnya ga ngurus apa gimana ya? parah banget ham” dan jawabnya singkat “kalau ini Banyuwangi yang pegang, ga lama pasti mulus nis jalannya” hyaaa… baiklah.

Sekitar jam 11an siang, sampailah kita di ‘gerbang’ menuju Kawah Wurung (tapi ga ada gate, infografik apapun, cuman ada penjaga yang bakal ngasih tarif tiket)

htm Kawah Wurung : Rp 10k udah sama mobil (perorang)

Mataharinya mulai ga nyantai, panassssss, ngantuk, tapi tetep kepo sama Kawah yang katanya gajadi kawah itu, makanya namanya Kawah Wurung.. mungkin dia mewurungkan niatnya untuk menjadi se-onggok kawah #krik (sorry aku asal bunyi, karena emang belum tahu arti dari nama tempat itu)

Setelah lewat gate apa lantas treknya jadi mulus? tidaaaak ! justru semakin tenonet, dan ada satu tanjakan yang bikin aku bener bener tidur pulas dan pas bangun, ternyata sebelahku udah bukan ilham, dia ternyata joki yang bantuin naikin pick up dikarenakan Ilham udah gabisa handle mobilnya itu. Percaya atau engga, aku gapeduli sama tu joki, aku lanjut tidur siang, sumpah ngantuknya udah gabisa ku kontrol… Wassalam.

Setelah tanjakan tadi, jalannya lebih mulus dari sebelum sebelumnya dan sampailah kita di Kawah Wurung .. yeah ! (masih dengan muka ngantuk tapi penasaran)

Kalau di Bandung, nemuin bukit bukit teletubies gitu susah ya, di Bondowoso ada loh ternyata

biasanya kalau nemu bukit itu langsung di naikin, tapi kali itu kita lagi kompak.. semuanya setengah sadar dan ekspektasi terbesar adalah ketemu kasur. Tapi untungnya tetep dapet eksotisme Kawah Wurung dan semeliwir anginnya yang bikin ngarep semoga kalau kesini lagi pas lagi ijo biar ‘bukit banget’ dan jalannya udah oke, aamin.

Suka ngerasa beruntung kalau ke tempat jalan yang sepi tuh, berasa punya pribadi, ga liat banyak sampah, semoga Kawah Wurung tetep kejaga ya kebersihannyaaaa yang nyampah jorokin aja, lempar ke gunung Raung

Puas foto foto, kita pun cus pulang dengan rute yang lain, ga balik ke gate tadi tapi lewat kebun warga, termasuk kebun kopi beserta pasarnya, perumahan yang adem banget karena dikelilingin hutan hutan, keliatan banget warga disana tuh gede banget usahanya buat jaga kawasan Kawah Wurung ini, salut.

Waktu udah nunjukin sekitar jam setengah lima sore, jalanan emang ga separah pas pergi tapi ternyata rutenya cukup panjang untuk keluar dari kawasan ini, sampai sampai aku nanya pertanyaan haram nan menyebalkan; “masih jauh ham?” karena kalau jalannya gamulus itu sekilo aja waktu tempuhnya bakal lebih lama kan ya. Jawab nya Ilham “ini paling setengah jam lagi lah”. Sempet nemu trek yang mulus, galama kemudian nemu jalan yang ancur lagi dan …

“HAM ! BAN LO MIRING !” fadjar setengah teriak, dan emang pasti semua yang di mobil denger ada suara patahan gitu dari arah bawah mobil. Ternyata, ban depan kiri pun nyerah karena tie rod nya patah, pas diliat emang di sana ada batu gede banget, kemungkinan kepentok sana. Setelah sebelumnya bamper belakang juga kepentok dan jadi korban juga karena reot, ban pun protes dan ga memungkinkan untuk lanjut balik ke Banyuwangi. Kita pun terjebak di tengah jalan yang kanan kirinya hanya pepohonan tinggi …

Dalam keadaan kaya gitu sekalipun, ternyata kita gagal bad mood, ada ajaaa yang bikin perut geli geli gapenting gara gara bung Fadjar…
Karena masih jauh dari pintu keluar, kitapun nunggu siapa tau ada warga yang lewat dan bersedia nolong untuk manggil orang bengkel.. ada ! orang baik masih bertebaran ternyata, ada warga yang mau bantu dan Ilhampun pergi ke bengkel terdekat, di sela sela nunggu, kita menggabut sambil nungguin mobil ilham yang gabisa diapa apain bahkan dipindah mepet ke kiripun gabisa, karena posisinya itu agak ditengah jadi cukup menghalangi kendaraan yang mau lewat, bisapun cuman agak butuh waktu yang lama dan musti diarahkan jadilah Fadjar dan Mas Hanif saat itu jadi pak Ogah dadakan yang siap bilang “terus terus, jauh, yooo, jalan, sip” ke setiap yang mau lewat.

Nah, ada satu warga waktu itu mau lewat pake motornya, karena bawa hasil kebun jadi ukuran motor plus bawaannya itu agak melebar kesamping kanan dan kiri. Untungnya cuman sejenis tumbuhan gitu jadi kalaupun kena pick up ga akan kegoret goret, cuman tetep aja kalau mau lewat itu mesti diarahin kan, Fadjar pun pasang badan buat bantu …

Warga : “Tolong mas, barang sayanya agak digeser dulu biar bisa maju”
Fadjar : “oooh .. kita dari Bandung mas”
Warga : “ …. “

Moga : “APAAN SIH JAR!” (lu nolong engga tapi denger aja)
Fadjar : “eh .. salah ya gue?”

padahal cuma motor ko hampir semenit ga jalan jalan, OMG ! ternyata percakapan ngawur itulah penyebabnya, gapaham lagi deh sama kupingnya Fadjar, kita semua emang kurang minum pas itu tapi cuman Fadjar yang kayanya pengen teriak “gue lapar, ga cuma hauss”

Sambil nunggu ilham mangil tukang bengkel, kita cari kesibukan yang ga bikin sibuk. Dengan keadaan kaya gitu, kita sebisa mungkin ga ninggalin kewajiban yaitu sholat, wudhu pake air yang tinggal sedikit lagi, sholat berjamaah beralaskan matras kemping, ga ada foto foto karena semua gadget udah abis batre. 15 menit kemudian, ilham dateng dengan membawa orang bengkel sekitar dan tie road pengganti, beres dibenerin, langsung tancap gas karena semua perut kita sepakat, kita perlu makaaaaan ! Beruntung kita bisa keluar kawasan Kawah Wurung sebelum gelap, dan sampailah kita di markas Banyuwangi tepatnya di rumah Orang tuanya ilham sekitar jam 7an malam, dilanjutkan dengan mandiin si pick up yang udah penuh tanah dan lumpur. Selesai, kitapun packing karena besoknya.. kita bakal nyebrang ninggalin Jawa sebentar..

sempet kejebak macet pas mau ke Pelabuhan Ketapang, dan akhirnya duduk di bak belakang, bentar.

sebetulnya di pagi buta, 12 Agustus 2015 lalu Ilham udah pergi duluan ke Malang, kitapun lagi lagi ngerepotin ortunya, sampai kita dianterin ke Pelabuhan Ketapang pake pick up kesayangan :D terimakasih om dan tante, maaf atas kericuhan yang kami buat selama beberapa hari itu.

Cerita selanjutnya, kami datangkan dari pulau sebrang, see you on the next post fellas !