Minggu, 23 Februari 2014

Buat Moga yang selalu asik sendiri dengan camera GoPronya, Buat jokes spontan Adit si bule Kalimantan yang sering bikin ketawa, Buat Acin yang selalu seksi dengan rambut Gondrongnya, buat Iwit yang selalu bikin kita terpukau dengan Gambar WOWnya, dan buat Ridi yang selalu asik nyanyi JKT 48, dan untukumu.. Lombok.

btw, tengs mog udah bikin teaser lombok kita dan dipublish disini, meski masih teaser, dan bikin beberapa masa nunggu film utuhnya yang entah kapan bisa rampung dan tayang premier, but it's ok, so everybody know and can see  part of our "awkward" journey to the beautiful island in our lovely country, Indonesia.

Pulau Lombok itu, kaya lirik lagu Brian MC Knight - Back at One... one, Lombok like dreams come true, two, just wanna stay in there (maaf, ta'rubah dikit liriknya). tapi itu bener, Lombok itu udah jadi wacana sejak masih SMP dulu, dan baru sekarang kesampean --- thanks God

Agak ribet sih kalau mau cerita tentang jalan jalan itu, pertama, takut disangka pamer atau sombong, padahal emang bener (enggg....), yang kedua ga enak sama yang mau ikut tapi batal gara gara mesti ikut ujian susulan semesteran || nung, lu boleh jambak jambak ko, ketiga, balik kealesan pertama itu, takut disangka pamer padahal pengen rekomendasiin ke orang orang dan ngajak mereka yang tadinya cuma "seneng jalan jalan" jadi punya rencana buat "jalan jalan beneran" say no to wacana for long long long long ... time, baaasi! mending beneran rencanain, siapin, jalanin, fix! kalau kata moga lu bakal ngalamin satu hal yang mungkin ga pernah dialamin sebelumnya, bahkan anak sekolah yang ngadain tour gade bareng pake bis AC pun ga ngalamin, namanya travelzone. apa itu? aaah bukan apa apa, jalanin aja dulu, dan someday mungkin lu ngerti (padahal sendirinya ga ngalamin) skip.

makasih seneng senengnya, bahagianya, tertawa ngakaknya, senyum manisnya, obrolan garingnya, nyeseknya, capenya, jepratjepretnya, kepelesetnya, nyanyi nyanyinya, cueknya, ga pedulinya, ga gentlenya .. 

oke poin terakhir udah masuk sesi curcol yang mestinya dilupain, tapi mestinya jadi pelajaran.

jadi gini loh.. karena Lombok itu terlalu sulit untuk diceritain, mending nonton dulu aja teasernya dan setelah itu lu boleh balik lagi sini karena sebentar lagi bakal dijabarin ehm.. detail tempat apa aja yang kita datengin disana dan apa aja yang kita dapet.

BANDUNG TO BALI
demi menghemat keuangan, berburu tiket pesawat murahpun dilakukan jauh sebelum keberangkatan dan Alhamdulillah, we got it! and arrived at Ngurah Ray without miss anything --- Baaaaliiii~ ca' ca' ca' ca'ca' ca' ca' ca'ca' ca' ca' ca'ca' ca' ca' ca'ca' ca' ca' ca'... ca'pedeh

kalau lu main ke satu tempat yang jauh apalagi belum pernah sebelumnya, jangan sampai ga janjian sama orang yang kita kenal, untungnyaaa di Bali kita ketemu sama satu orang baik, cantik, traveling dan supel, namanya Yolanda. tengs yol, udah minjemin kosannya buat dijadiin tempat singgah dan udah legowo nerima kita yang petakilan gatau malu ini, kamu kenapa baik sekali.... ^o^ (oh iya yol, ada salam dari moga sama, john)

liburan ga akan garing kalau kamu ketemu temen baru, let's find them!


yolan (yang pake kerudung pink----- sebelah kanannya deh)
tengs berat yol, ga ada kamu, kita pasti udah tidur di pinggiran ngurah ray



BALI TO LOMBOK
cukup empat jam di kapal dan kalian mesti banget! keliling keliling kapal feri, eh very, peri, yaitulah-- dan jangan sia siain waktu empat jam yang spektakulier itu. Sayang banget kalau lu cuma duduk duduk mah sama aja kaya yang punya penyakit mabok laut, mending liat tuh.. hamparan luas laut tenang yang ga pernah protes dilindas kapal, momen yang cukup pas buat ngelamun cantik, galau galau cupu, atau sekedar berharap ada yang nyamperin dan nanya kamu kenapa? mau aku temenin liatin laut? sambil megang pager feri yang mulai berkarat | seperti hatimu.


we arrived at Lombok Island, finally!

hallo cabe island
terimakasih sudah menyambut kita dengan matahari teriknya

pack your bag, adventure is waiting!!


Hallo pulau seribu masjid, akhirnya sampailah kita pelabuhan lembar, yeah! dan dengan rela nan super baik hatinya temen kelas kita asal Lombok - Mataram udah ready buat jemput dan nampung kita di rumahnya, dialah Ayunda beserta ortu dan semua keluarganya termasuk bang Yana, keponakan yunda yang ngasih beberapa arahan buat kita selama jalan di Lombok. BIG THANKS! lagi lagi kita dipertemukan dengan orang baru yang baik, let's get some fun broooo!


SENGGIGI BEACH
pantai -- ya pantai, ga beda jauh dengan pantai pantai lainnya butHEY! dipantai ini, entah kenapa ngerasa ada perbedaan dengan pantai lain, dari segi --- feel. kalau lu punya perasaan (tsah) coba dateng kesini dan rasakan sendiri perbedaan suasana yang ada. coba dengar deburan ombaknya baik baik, rasakan setiap angin yang lewat menyentuh badanmu itu dan pejamkan matamu sejenak..
buat yang lagi galau cupu, mending gausah renang, coba duduk aja dipinggir, liat sunset, itu cukup. cukup mengenang dia yang telah menyakitimu----- kemungkinan galaunya bertambah.

Yunda bilang, kalau langit lagi cerah sunsetnya itu bulet sempurna, matahari orange yang turun perlahan dengan indahnya... cuy! langsung kebayang betapa perfectnya kalau sampai ngeliat sunset gitu, tapi sayangnya pas itu langit lagi agak mendung dan penuh banget sama awan, but you know! kita tetep dapet visual alami super indaaaaaaaah, langit senggigi saat itu ...



  
so sweetnya ga ilang
yang masih galau juga ya.. keep galau and strong lah ya.

ketika lu ngarepin sesuatu yang ujungnya ga dapet, Tuhan bakal ngasih penggantinya ko, tenang aja. kalaupun itu ga seIndah dengan yang diharepin, tapi yang pasti itu yang terbaik, believe it.

---- emang mainstream tapi kadang kita lupa ini.




KULINER SATE REMBIGA
dinner santai di tempat sate yang ini emang beda banget. sate tanpa berlumuran bumbu kacang, di celupin ke bumbu dulu baru dibakar dan rasanya --- amazing


saking cetarnya, terlalu susah untuk deskripsiin rasa dari makanan satu ini, dan kayanya ni sate cepet banget abis. oya! agak syok ketika tau kalau ini sate sapi (....)



GILI NANGGU, GILI KENDIS, GILI SUDAK
sebelumnya sorry kalau ada salah penulisan nama tempat --- oke lanjut

pernah ngayal buat pergi ke satu pulau tanpa penghuni ga? dulu waktu jaman sekolah (berasa tuirrrr) sering banget ngimpiin itu daaaan... ini ke-realisasi-kan di Lombok. rasanya, lagi lagi terlalu susah buat di jabarin, kalian mesti ngerasain sendiri, dan mungkin sama sama gabisa komen juga :D
di Lombok itu banyak Gili, jangan heran kalau pas liat peta lombok, disamping samping pulau besarnya pasti ada pulau" kecil yang kesebar dan namanya selalu diawali dengan kata Gili yang artinya pulau kecil.

ini pertama kalinya belajar snorkeling, awalnya panik, air masuk terus ke mulut sama idung, tapi lama lama .. yaaaa mayan lah, dengan kekuatan bulaaaaan, ku bisa menggunakan alat snorkeling!



selain snorkeling, kalian juga bisa keliling pulau 40 detikan doang! iya, tapi lari!!! kalau jalan santai ya... 2 menit kurang lah----- surgaaaaduniaaaaa



terimakasih tiga gili cantik, i'll be back soon! miss you damnsomuch <3


saat Tuhan memberimu kesempatan pergi ke pulau tanpa penghuni, nikmatilah! seakan satu pulau itu milikmu, rasakan setiap langkahnya dan berdo'alah agar bisa kembali dan menemukan pulau lainnya yang lebih indah

---- tapi jangan cus sendiri juga ya





KULINER NASI BALAP
beres snorkeling, laperrr!! muka udah super gosong, saatnya menikmati kuliner Lombok lagi. dinamain nasi balap katanya rumah makan yang letaknya dipinggir jalan ini biasa orang datengin dimana sebelum nyamperin dan beli pasti balapan dulu di jalan raya, kalau gasalah sih gitu, ya pokonya ada hubungannya sama jalan raya dan kendaraan deh, agak lupa juga penjelasan Rima waktu itu #fyi Rima juga temen kelas kita yang asli Lombok, dan kental banget darah Lomboknya, pokonya kalau mau belajar bahasa daerahnya tinggal kontak dia deh. back to Nasi Balap, nasi plus ayam, kacang panjang, dan ga lupa sambel pedesssss, mantap!
dinner lesehan di saung itu feel like home banget





DESA SADE
Desa Tradisional yang masih lengket banget akan budayanya, mulai dari rumahnya, kegiatan nyulam, kehidupan yang sederhana, hewan ternak yang dibiarkan liar, sumur sumur, tempat air, semuanya bener bener dijaga tetep tradisional.




salah satu yang unik dari Desa Sade adalah saat ngepel lantai, bukan pake wipol atau superpel tapi pake kotoran sapi, entah gimana caranya itu kotoran bisa dijadiin buat bersihin lantai batu yang ada disetiap rumah. sayangnya waktu kesana lagi ga ada kegiatan nge pel lantai :"
tapi gapapa, kita menemukan keindahan lainnya disini ..


lagi lagi nemu #SURGADUNIAAAAAAAAAA

kain kain yang sedep dipandang mata berjajar dan diatur sedemikian rapihnya bikin betah berlama lama liatin, padahal kainnya ga berubah. asik aja berasa dimanjain matanya, ini beda kasus sama ibu ibu rempong yang lagi belanja kain di pasar baru ko, disini dijelasin beberapa cerita dari kain yang dibuat, ada satu kain (sejenis taplak meja) disitu ibunya cerita kalau yang buat taplak meja ini sekarang punya gangguan mental dan lagi di rawat di RSJ, yg buatnya ini cewe dan cewe ini jadi gila setelah dia selesai bikin taplak itu, bro, itu agak horror .. soalnya tu taplak gambarnya kaya gambarin satu cerita dan ... iwit beli taplaknya. oke, dengan kata lain cerita itupun terbawa sampai ke bandung, tepatnya rumah iwit. semoga ga nular ya mbaa... baebaedah





KUTA BEACH, TANJUNG AAN, BATU PAYUNG, MANDALIKA BEACH dansekitarnya
sampai sekarang ga ngerti kenapa namanya mesti sama kaya pantai di Bali, yang tau kasih tau ya. Kuta di Lombok tu sepiiiiiii, heniiiiing, ga se crowded pantai Kuta Bali, tapi ga kalah keren ko. Disini bebaaaas, mau guling guling, lari lari, manjat batu, teriak, nembak cewe, suka suka deh mau ngapain, tapi ati ati banyak dogi





Kalau pernah ke Jogja, pasti tau dong ya ada Komplek per-Pantai-an, dimana pantai satu dengan lainnya berjarak deket, gitupun di Lombok selatan, beres nikmatin Kuta dengan langit mendungnya, gamungkin kita lewatin pantai keceh lain disekitarnya --- menclok menclok time



di Lombok bakal nemu banyak perbukitan rendah yang bisa kita daki, terus lu duduk disana sambil santai, men.. lu mesti coba! mesti banget dateng ke tempat ini, mesti naik bukitnya dan melihat betapa Tuhan maha murah dan amat kaya, semua Dia suguhkan dengan sempurna dan indah, bahkan terlalu indah, pas naik sini kita bakal liat dua laut yang terpisah dengan warna pasir yang berbeda, sebelah kanan pasirnya putiiiiiiih banget dan sebelah kiri agak lebih kuning tapi tetep cantik men, terlalu susah untuk menjabarkan indahnya tempat ini, Tanjung Aan


kalau liat dua foto dibawah ini, apa yang kalian pikirin?

kalian pernah liat iklan dunhil? yang cowo keliling keliling dunia buat nyari bumbu terbaik buat masak ikan di pinggir pantai dan pas masak ikan itu kayanya eksklusif banget nyampe meres jeruk nipis dan.. wow asap bakarannya pake effect slow motion aiiih tergiur banget pengen nyoba ikannya ---- akusih gitu

ini kita lagi on the way to Batu payung, tempat syuting iklan eksklusif itu dan sepanjang jalan bakal napak karang karang dan kemungkinan besar dulunya disitu dasar laut yang sekarang udah jadi hamparan karang, amazing! --- atau mungkin kalau malem pas airnya pasang, tempat ini ketutup air?


setelah sempet kepeleset, sampailah kita di batu payung..

katanya kalau kesorean nyampe sini kita udah gabisa lewat karna bakal ketutup air laut nggg ---- pantes batunya kaya payung, tiap hari kekikis

Ga berhenti di Batu payung, setelah sedikit sosweet dengan minum kelapa di bawah batu payung dan selalu lupa kalau muka udah super gosong nan kucel, kakipun gatel karena nemu bukit lagi, kalau kata ridi : harus sanggup manjat bukit buat pemanasan sebelum ke Semeru.


kalian cakep sekali ---- apalagi kalau kebawa angin

bukit satu ini 100 kali lebih nyaman dari sofa males, sambil baring baring kita bakal disuguhin view lautan biru membentang... Samudra Hindia broooo! Saran buat cowo cowo kalau kesini jangan berdua, apalagi berduanya cowo sama cowo, bahaya. oya, buat cowo lagi nih, seganteng gantengnya kalian atau bahkan sealay alaynya kalian pas foto selfie, jangan pernah lupa ya kalau kalian juga bawa cewe, kalian mungkin udah nyampe puncak tapi kalian gatau gimana mereka yang masih ngedaki, gatau keadaan mereka yang masih dibawah, yamemang mereka bukan siapa-siapa kalian at least ga ninggalin gitu aja dong ya, katanya mau naik gunung lebih tinggi, kepekaannya juga mesti ditingkatin bro ----- udah kaya juri idol dan ini cuma intermezo.


are you cool enough? how stronger are you? when you climb the highest mountain? it's nope, if you can't protect your travel partner around you.




oya lupa, kita ketemu temen baru lagi loh, namanya Umi temen deketnya Rima, asli lombok juga dan sama sama fasih bahasa Lombok, dia juga yang nunjukin kita jalan disekitar komplek pantai ini, tengs Umi, baik sekaliii :)
next, habis puas makan angin diatas bukit bareng sapi, lanjut cus ke pantai terakhir sebelum mengakhri hari, pantai terakhir ini kalau ombaknya lagi bagus biasa dipake surfing tapi pas itu lagi ga bagus jadi sepi deh, merasa gagal liat bule meluncur diatas papan dan air. tapi ga apaaaaa, hampir semua pantai disini tuh cocok banget buat ngegalau, jadi saat itu cuman duduk beberapa menit dan langsung cabut, but tengs.. Mandalika beach, you're beautiful enough



TAMAN NARMADA
dengan tiket @ 5000 aja, kita bisa nikmatin suasana taman eksotis ini --- duileeh




kalau pernah ke Taman Sari - Jogja, ini agak agak mirip, taman sejarah ini katanya replika dari gunung Rinjani dan danau Segara, didalemnya ada rumah panggung, rumah raja, kolam, pura, dan ada satu objek yang sering dibicarain orang yaitu.. Air Awet Muda, tapi pesen mamahnya Yunda mending ga usah terlalu percaya dan gausah nyoba, we can say gausah kepo sama yang gitu gitu :))






KOLAM RENANG SURANADI
kalau liburan ke Lombok cuman mau dateng muterin pantai kerennya, ga salah salah amat sih, tapi apa ga bosen? pantai lagi pantai lagi. mending coba pecicilan ke tempat lain deh, salah satunya ini, kolam renang yang airnya super duper EXTRA DINGIIIIIN BANGET. kata yang nyebur  airnya kaya air es, emang sih pas nyoba masukin tangan aja itu brrr... kaya air di daerah Lembang - Bandung lah, emmmm bahkan mungkin lebih dingin, kebayang ga? engga pasti, makanya cobain ya :)






kolam yang lantainya ditutup batu itu terbilang jernih, suasana disekitarnyapun ga bising kaya tempat renang biasanya, jadi kesannya kaya renang di kolam kerajaan (kolam es kerajaan), privat, tenang, sehat! karena airnya asli dari mata air, no kaporit, tapi tetep ngaderegdeg tirissss. 
kalau ntar kesini, jangan lupa lomba renang bulak balik ya, yang menang apalagi bisa sampai surfing diatas kolam harus dikasih hadiah minimal nasi puyung lah

nemu spot cantik loh disini



SILATURAHMI KE RUMAH AYU
Silaturahmi itu penting loh, kalau jalan ke wilayah orang dan punya kenalan jangan sampai lupa sama temen yang emang rumahnya disana, kalaupun kita gabisa jalan bareng dia, minimal dateng ke rumahnya, eit !! jangan suudzon ya, kita ke rumah ayu ga ada niat buat nebeng makan malem besar besaran ko, tapi yaaaa.. ternyata nyampe sana disuguhin macem macem, aaaduh makasih banget Ayu dan keluarga, sungguh baik sekali, udah gratis, banyak, bikin dinner kala itu awkward mampus deh! salam buat dogi dogimu yang lucu itu ya


GILI TRAWANGAN
Pulau kecil yang satu ini superrrrrrrcrowded to the max, yang lagi pengen menyendiri atau yang ga suka keramaian mending cari tempat lain deh ya, bisa singgah ke Gili tetangga ada namanya Gili Air tapi kita ga kesana, sayang banget emang. di trawangan aku pribadi ngerasa asing, entah karena jilbab, pokonya asing aja. Setiap orang yang ngeliatin rasanya.. kaya kita yang jadi turis disini, terlalu banyak wisatawan asing bertebaran dan bahkan suasana lokalnya nyaris ga keliatan.
Trawangan juga ada spot buat snorkeling dan beberapa dari kitapun sempet ngerasain, ya.. walaupun ga se cetarrr di nanggu dansekitarnya, tapi gapapa lah ya we just tried to enjoy this place







yang asiknya, kita bisa nyewa sepeda untuk keliling Gili yang ga pernah sepi ini, tapi lagi lagi yang disayangkan karena bangun kesiangan jadinya ga nyoba buat goes goes di Trawangan, kita lebih asik nikmatin baring baring time dikasur -- penginapan Mozaic, ini salah satu rekomendasi tempat buat kalian yang mau nginep di Gili Trawangan dengan budget rendah, semalem cuma 150.000an perkamar cozynya ditambah WC outdoor tapi tenaaaaang.. ga dilahan terbuka juga ko, atasnya doang yang terbuka biar kita bisa merasakan dan menghirup sejuknya Trawangan air..             mungkin.




Sunset time, saat saat yang sulit ditinggalkan tapi tidak untuk beberapa orang dari kita, Iwit sama Yunda milih untuk tetap baringan kece di mozaic dari pada sunset-an di Trawangan.
Sore yang mendung dan sedikit gerimis saat itu, bikin pesimis bakal dapet sunset. Bang Yana (keponakan Yunda) nunjukin jalan untuk ke satu spot berhenti buat duduk dan nunggu sang fajar tenggelam, lagi lagi makan angin, tapi lagi lagi disuguhin view yang memanjakan mata ini, tengs God, telah memberi kami hadiah visual seindah ini




Trawangan ga cuma banyak sama orang yang nongkrong ko, ada juga mereka yang punya kegiatan rutin contohnya bridge dance



untuk sore kece itu kita ga nunggu nyampe langit gelap karena agak gerimis, jadinyaaaa nggg--- makan.
Pasar malam di Trawangan itu pas deh buat makan hemat dan cukup, dan inget satu hal deh ya:

pasar malam Trawangan itu rame dan penuh, jadi kalau bisa gausah pake mencar mencar atau temenlu bakal ilang dan mungkin muncul di koran berita kehilangannya karena dia ditinggal sendiri terus hpnya mati jadi gabisa hubungin siapa siapa

Bye Trawangan, terimakasih



AIR TERJUN SINDANG GILE
Kalau udah pernah kesini, artinya lu udah napakin anak kaki Gunung Rinjani--- udah kaki, anak lagi ._. gapapa, semoga someday bisa napak puncaknya ya



seru, dingin, bisa bikin galau di hati kebilas deh dan gabosen bosen bilang

KALIAN HARUS NYOBAIN ! 



















PASAR SENI SENGGIGI ART MARKET
Disini banyak barang yang bisa lu jadiin sebagai cinderamata, tapi kalau niatnya backpackeran dengan budget pas pasan disarankan untuk filter apa aja yg mau dibeli, jangan mudah tergiur dengan sesuatu yang menarik disini dan akhirnya menarik isi dompetmu, salah satu yang bikin kita betah berlama lama adalah mainan sejenis alat musik yang suaranya mirip kodok --- entahlah apa nama mainanya, disatu tempat kita rela berlama lama buat mainin barang jualan yg ada disitu sampai akhirnya bikin konser kecil kecilan yang katanya bisa bikin hujan saat itu berhenti, dit, rid, cin, kalian super-ama-crazy-ing-sekali


SASAKU
Distro satu ini bikin beberapa dari kita khilaf akan isi dompet. Balik lagi kalau kalian pernah ke Jogja, disana ada Dagadu dan diLombok sini ada Sasaku, distro asli yang jual kaos dengan desain kece all about Lombok --- ini surga, surganya khilaf :"


itu tadi tempat tempat di Lombok yang kita datengin, semuanya kece, semuanya baru kita datengin dan semuanya ngasih kita pelajaran dan pengalaman berharga, karena ga ada yang sia sia selama kita di Lombok.

meskipun diluar rencana awal tapi itu gapapa, karena itu yang bikin kita mesti balik lagi kesana dan nantinya Lombok akan kita puter

---- kitanya yang muterin Lombok maksudnyaaaaa



tengs tengs tengs, ga ada kata lain yang bisa mewakili selain ini, tengs to ALLAH, makasih buat ORANG TUA kita yang udah ngasih bekal materi dan doa, makasih buat AYUNDA dan keluarga tersmasuk BANG YANA yang udah mau bantu jadi special tour guide gratis nan seru kita, makasih juga buat RIMA dan UMI yang udah sabar nunggu kita selama menclok menclok time, ah iya special tengs nih buat YOLANDA yang juga sabar nampung kita di Bali dan sayang banget ga sempet ketemu waktu di Lombok padahal kita udah nunggu loh apalagi moga sama adit, terus terus makasih juga buat ILHAM dan keluarga; dia ini yang udah ikhlas banget nampung kita dirumahnya buat singgah di Banyuwangi, bukan cuma dibolehin numpang dan sebagainya, dia juga udah ngajak kita main ke tempat keren namanya Baluran, Africa van Java dan kalian mesti kesana, dan makasih buat orang yang tiba tiba muncul di kereta dan bikin atmosfir tambah seru, SATRIA dan IMAM, ga lupa makasih juga buat temen temen yang heboh minta oleh oleh dan gabisa dikabulin permintaannya hehe maaf ya, makasih banget buat kalian semua yang terlibat secara langsung maupun tidak, iloveyou!


Salah satu tujuan jalan jalan adalah untuk mencari kesenangan, tapi bukan berarti seneng seneng sendiri, senengnya ditanggung bersama ya, yang cowo tolong belajar gimana lindungin parter cewenya selagi jalan jauh sekalipun tu cewe bukan gebetan lu, bukan orang yang lu suka, tapi tetep lindungin dengan cara kalian masing masing, dan buat cewe yang suka jalan, backbackeran, traveling, siapin mental yang lebih kuat dari sebelumnya, baik mental maupun fisik, jangan mudah kesinggung, jangan mudah pundung, be STRONG!



Bali, Lombok, Banyuwangi, what's next our journey?


tengs bro, you are amaCRAZYing one













liburan juga pasti ada selfie time dan ya.. kita ngalamin






pernah nyobain pake kemben dalam air? --- tanya Moga deh ya gimana rasanya






 nggggg ..... ini ....








i'm happy to tell our story, our journey, it's all about us in 11 Day 10 night together with many experience, big thanks!


and how about your journey, friends?



1 komentar: