Minggu, 28 September 2014

FASTINGTERNSHIP

Hallo semua, long time no post here! Rasanya banyak banget uneg2 yang kelewat untuk dicurcolin, eh. No galau galau ga mutu ya! kan udah lebaran. Ah ya! Mumpung masih ga terlalu jauh sama lebaran, Happy Eid Mubarak yaaa semuaaaa, may the blessing of Allah fill your life with happiness and open all the doors of success now and always! Aaaamiiin, sorry gabisa ucapin personal ke beberapa person (halah), jempolnya kraaaam, semoga taun depan niat ke tiap personal deh, hayoooo... siapa yang ngucapin met lebarannya masih tag borongan? Awas di bacok kaya kasus di tipi itu ya :(
Btw, semoga puasanya pada berkah, ga sia sia. Jujur puasa taun ini banyak yang berbeda buat aku pribadi, salah satu faktornya aku ngalamin yang namanya puasa gatot ; puasa sih puasa, ga makan ga minum, tapi gosip 8 jam ngalir tanpa henti itu ... guys! Jangan ditiru loh :"

jadi, apa yang bikin beda di puasa taun ini? jawabannya satu tapi berentet; Magang. Kalau denger cerita temen kelas, mereka magang sekalian ngisi waktu libur atau sekalian pulang kampung dan liburan. But that's not happened by me, aku justru menjauh dari rumah, karena tiap hari udah pulang kampung, pada kesempatan magang kali ini, aku merantau jauh. ya, jauh.. ke Tangerang Selatan



Alhamdulillah, ada perusahaan home industry yang bersedia nampung aku yang belum ada pengalaman kerja kantor sama sekali ini. Call her, Bu Kania, founder dari Chic and Darling, perusahaan yang bergerak dibidang home living dengan produknya home decoration. Kantornya home sweet home banget, i said that because the workshop is in her own home, so everyday i felt like home (monyong ga bibirnya? kebanyakan kata home)

Perlu diinformasikan, hari pertama magang, aku dibikinin sarapan sama ibu Kania (beberapa orang manggil bu Keke). Cuma sengaja ga aku foto makanannya, ntar malah diteriakin pa Iman; anak jaman sekarang, mau makan bukannya berdoa, malah foto terus makan, ga ada doanya. Makasih ya bu, roti gandum coklat + telor orek + mayonesnya enak :)

"hari pertama kamu masih saya anggep tamu ya rin, makanya saya bikinin sarapan, tapi besok..."

bu Keke ga lanjutin kalimatnya, dan pasti kalian juga ngerti apa maksudnya :)))




sumber : ig nya Chic and Darling

17 hari pertama, belum masuk ke bulan puasa jadi masih dapet makan siang. Syukur alhamdulillah banget tiap siang dapet makan yang super sehat, karena menunya selalu masakan rumah, no fast food :) wait, ko jadi bahas makan?


btw foto diatas itu salah satu pojok workshop kecenya bu keke, dan ruangan inilah yang jadi tempat mejengku selama kurang lebih 51 hari kerja, cuma bisa bilang cozy sama ruangan ini. Gimana ga bikin betah, tiap hari bareng sama Sella, admin chic and darling yang suaranya mirip temen SMA aku namanya amila, cempreng lucu gimanaaa gitu, sella yang paling suka kita bully soalnya satu2nya perawan yang udah punya pacar. Sella ini yang bantu aku nyari kosan di sekitar tempat magang, tengkyu sel, ditunggu undangan nikahnya :D selain sela, ada juga Eka, dia bagian logistik dan quality control yang paling rajin ngingetin aku sholat, aaaah tengsoooo. Ada juga 2 mba produksi yang selalu asik kalau lagi cerita2, ga pernah segan buat bagi bagi pengalaman berumah tangga yang ceritanya kadang bikin aku galau bahkan geli sendiri, mulai dari nostalgia pacaran, pas dilamar, nikah, nyampe pas lagi hamil, terus terus.. aku dikasih tips gitu kalau ntar hamil dan punya anak, aaaaaaaa... mba Sri dan mba Harti namanya, mereka secara ga langsung ngingetin aku yang udah kepala dua dan .. harus siap ngehadepin segala 'masa dua puluh' ini, termasuk, naik, pelaaa.... (lanjut sendiri), ada juga mba fitri yang keliatannya lagi berjuang mencari jodoh, ups!

next.

selain pergi ke kantor tiap hari kerja dan pulang jam kerja juga (ga sering ngalamin lembur soalnya), puasa taun ini diwarnai dengan kehidupan kos yang nano nano. tapi sering flat juga karena gatau mau ngapain di tanah 3 x 3 meter :))

kosan Tulip on the roof top

yeee ngerasain ngekost, meski cuma dua bulan !


Kosan ini, menurutku recommended. Selain ibu kosnya baik, fasilitasnya juga mencukupi :)
kalau boleh jujur, ini pertama kalinya aku jauh dari rumah dengan rentan waktu yang cukup lama. Pulang kampung jarang, cari saur sendiri, cari bukaan sendiri, sedih? engga, kan ada kalian, kan ada mereka :")

ngekos itu random ya. Disatu sisi kita kangen mampus sama orang rumah di kampung, satu sisi berasa freedom, sesuka udel kita mau makan apaan, ga ada yang kontrol, ga ada yang liat, mau kemana aja sama siapa juga ga ketauan, mau kongkow nyampe jamber juga terserah, terus kalau uang abis.. baru inget lagi sama orang rumah, dan pusing nyusun kata buat basa basi minta duit tambahan. klasik, tapi asik.


makasih banyak ya ibu Atiqoh, ibu kos pertama dan terbaik yang mau masakin ikhlas buat saur atau makan malem sehat :D bikin tentang malem minggu dikosan aja jadi gapapa, akurapopoh. 9 Juni nyampe 21 Agustus kemaren kosan Tulip udah sangat bantu aku buat jadi tempat singgah dan bergundah gulana, tsah.

Buka puasapun jadi beda, yang biasanya pesen ke ibu pengen ini itu, atau heboh nentuin jadwal buka puasa sama konco konco, pas nge-kos mesti gowesan sore dulu sambil iseng keliling kampus UIN dan menghirup udara sekitar yang penuh pohon rindang, hhhh jangan sampai aku bandingin dengan keadaan disekitar kampusku :"
menu jualan bukber cukup beragam, meskipun masih lebih beragam di Bandung, tapi gapapa, yang penting bisa buka puasa



berkat ngekos aku baru bisa bilang kalau 'nasi padang itu ga pernah salah'



dan ketika duit seret..
mie gelas, teh manis, kurma, bengbeng dan lemonia, sonice dan super buburpun bertindak sebagai menu saur dan bukaan puasa, alhamdulillaaaah :"D


jadi, apa yang didapet dari

MAGANG dan NGEKOST ?

banyak, dua bulan kemaren adalah bulan yang memperkenalkan aku dengan dunia yang berbeda, salah satunya dunia kerja. aku emang ga magang di kantor, ga pake sensor kartu atau jari, tapi ternyata aku dikasih 'sneak peek' kalau dunia kerja itu ga gampang, mungkin asik, awalnya bakal asik, dan bisa terus terusan asik, tergantung individunya, bukan kantornya. oya, deskripsi kantor jaman sekarang itu bisa banyak, ga cuma di dalem ruangan, yaaaa pasti udah pada liat iklan rokok yang keren itu kan? yang ada kalimat 'ini baru ngantooorrr'. Jadi, mari kita enjoy dengan apa yang akan kita kerjakan nanti, baik belum lulus atau pasca lulus, hfff sok bijak.

a good day is always starting from a good mood (quotes siapa dah lupa)

Chic and darling, makasih udah ngenalin aku sama Market & Museum, aku jadi bisa ngerasain atmosfir dimana pengusaha muda ternama berkumpul dalam satu event, mantap! Kikuk mampus pas disuruh meeting di Kemvil, terus nyari ruang rapat dan pas buka pintu.. owner2 brand kece semua T_T dan aku jadi tahu, merekalah saingan sekaligus partner para young entreuneur. Jadi ga usah aneh kalau pas di event ini bakal ketemu Raisa, Pevita, danlainlain.

boothnya bu Keke
foto ini juga dari ignya Chic n Darling



oke, ini selingan.

on the frame : Sela, Eka


Photo booth Market n Museum with Anindya Pradypta 



Dari magang juga, aku kenal sama yang namanya Kopi item yang manjur nan sukses bikin ga ngantuk nyampe subuh. Itu tuh bikin inget kejadian gagal bikin kopi buat temen cowo pas di acara seminar dan workshop komik dan ilustrasi Perancis, bisa bikin kopi itu rasanya lulus level 1 dari game 'jadi perempuan tuh yang bener nis'. Gilanya, sekarang jadi doyan sama kopi item dan enggan minum kopi instan, disodorin kopi rasa tiramisu atau red velvetpun mungkin agak ragu buat aku seduh. Oh kopi item, kau mengalihkan duniaku. Sure.

Kalau ga ada magang dan kost, mungkin ga akan ngerasain hiruk pikuk stasiun untuk naik krl dari pondok ranji ke kota, ga akan ngalamin bisa pergi tapi gabisa pulang, ga akan pusing pusing baca peta rute busway, dan mungkin ga akan ngerasain puncak monas meski 15 menit doang. Bahkan aku ga akan nemuin museum serapih Museum Bank Indonesia. Ibu kota, aku emang baru satu kali terjebak di kemacetan kota, kemungkinan besar bakal balik lagi dan kemacetan itu bakal kealaman lagi, semoga macetmu cepat berlalu, transportasi umum terus diperbaiki, ga ada lagi wilayah rawan banjir, hingga saat ku kembali kesana, jalan raya tak separah sekarang :')

selain pengalaman magang, dapet juga kesempatan mlaku mlaku singkat di Ibu kota


1. Buka Bareng di Kotu dan Roti Pa Eddy

Kota Tua yang dimodern-kan (Djakarte Kedai Seni)
on the frame : acin, ichwan, imam, satria, moga, adit

oh, ini toh Roti bakar Eddy yang katanya bercabang dimana mana, recommended!
lokasinya deket banget dari pintu belakang Al-Azhar
kalau naik busway kalian turun aja di shuttle Al - Azhar.


Sebelum bukber sebenernya beberapa anak kelas yang magang di jkt juga ada meet up, cuma karena satu alasan, aku baru dipertemukan dengan mereka pas bukber #fyi gara gara acara inilah, aku bisa pergi kesana, tapi bingung pulangnya gimana gara" kemaleman dan kena kendala busway & KRL yang ga oprasi 24jam. in the end... aku pulang besoknya naik KRL dari Palmerah ke Pondok Ranji.


2. Museum Mandiri






Lokasi : Jalan pintu besar utara no. 2, Kota Jakarta Barat
deket banget sama stasiun Kota

HTM : Rp 2.000 doang, dan tutup jam 4 sore. Kalau kalian nasabah Mandiri, free htm loooh! (mental mahasiswa keluar)  Di dalemnya banyak mesin mesin jadul untuk kebutuhan per-bank-an. Dan aku kepo.. ini tempat syuting comic 8 bukan ya?



2. gowes gowes di Kotu

yap, balik lagi ke kotu karena waktu bukber nyampe sana magrib dan gabisa sewa sepeda untuk gowes gowes unyu. Untungnya teteh tetehku dengan baiknya jenguk aku yang notabene kecepian di kos, tengkyu teteeeeh

 
mari bergowes cantiiiik~

on the frame : teteh teteh backpacker yang kejebak macet di kereta ekonomi, sabar ya..
teh usi, teh lulu, tengkyu udah jenguk :D



Sayang banget lagi lagi kesorean kesananya, museum wayang, museum Fatahilah, museum keramik, museum bank Indonesia, menjadi list yang gagal dikunjungi sore itu. tapi yaasudahlaa, masih ada hari esok ;)

karena selfie, bisa menaikkan mood seketika.
btw itu bule ditarik dikit bakal gaya deh, dia pura pura ga liat kamera ajaaa..


3. Monumen Nasional

Dari pada kepoin medsos orang terus, mending juga ngeliat gold ice cream alias tugu monas ._. kalau mau naik ke puncaknya, kalian cukup bayar Rp 8.000 aja kalau bisa nunjukin kartu mahasiswa (yippi!) buat umum tiketnya 15.000. Saran aja, kalau mau ke puncak monas, kesininya pagi.

no filter is the most great effect ever - Anonymous



masih di lingkungan taman Monumen Nasional, we found this ..



4. Museum Bank Indonesia

Menurutku, ini museum ter-rapih yang pernah aku kunjungi, dan kecenya, ga ada hawa nyeremin, ber ac, bersih, dan yang terpenting adalah .. no HTM! yes, free! kalian tauuu.. mas mas pegawainya iseng nanya: sendiri aja mba? pas aku taro tas di tempat penitipan, ga, dia ga genit ko, dan aku stuck! yaudah, nanti lagi saya kesini bawa rombongan ya mas.. 

Hari itu emang lagi random selepas nganter teteh2 unyu ku ke stasiun Gambir untuk balik ke Bandung. Dari gambir nge-busway nyampe harmoni, dan .. sepertinya aku ga tahan dengan keramaian saat itu, jadi aku putusin untuk naik taxi ._.


Ce Lebes island, semoga bisa kesana secepatnya

Metamorfosa Logo perusahaan itu ga bakal cepet, apalagi metamorfosa perasaan ...







cukup diem di balkon ngeliatin bangunan warna putih ini lumayan bikin 'refresh' loh
@ Museum Bank Indonesia, Jakarta Pusat



Disela sela ngelamun di balkon, dateng satu cewe yang ternyata salah satu rombongan pramuka sekolah yang lagi study tour, ga pake basa basi ni anak dengan ramahnya langsung ngajak ngobrol

v : bangunannya bagus ya ka
m : iya, bikin betah, 
v : ko sendiri aja ka? (lagi lagi pertanyaan ini)
m : he.. ntar lain kali aku kesini ga sendiri deh (oke, kalimat ini bermakna beda dgn yg di penitipan)

dan obrolan lainnya seputar museum, pramuka, sekolah dia, kampusku, dan kenapa aku terdampar di tempat keren ini, finally we took a selfiiii

emang ga afdol ya kalau ga selfi, nice to met you Via :D





kehidupan kost sesaat, 51 hari kerja magang, jalan jalan singkat, ngeliat orang bagai pindang naik KRL, malu sendiri saat naik busway dari halte harmoni ke halte monas yang ternyata cuma beda 1 shuttle, nyari sauran dan bukaan puasa secara random, khilaf sama nasi padang, sampai nonton Tulus jarak 5 langkah, semua ga akan kejadian tanpa kamu, kalian, dan mereka, BIG THANKS!









terimakasih, Ibu Kota, see you soon Djakartaaaa







2 komentar: